Wednesday, June 26, 2019

Ketahui ini Sebelum Belajar Gitar Ukulele - [Rumus dasar Ukulele Senar 4]

Belajar gitar ukulele tidak semudah yang dibayangkan, dengan diterbitkannya artikel sederhana dibawah ini diharapkan bisa membantu mengenal lebih dalam tentang gitar ukulele dan memahami perbedaannya dengan gitar biasa. Dari perbedaan inilah yang menjadi modal utama untuk bisa menguasai cara memainkan gitar ukulele senar 3, senar 4 dan senar 6.

Sebelumnya saya sendiri tidak menyangka ternyata bukan hanya dari ukurannya saja yang membedakan antara gitar kecil ukulele dengan gitar biasa. Saya pikir gampang, saya kan udah bisa main gitar biasa, jadi pasti bisa juga memainkan gitar ukulele seperti di video-video yang ada di Youtube atau anak-anak pengamen yang sudah lihai bermain ukulele.

Berhubung saya penasaran seperti apa sih gitar ukulele itu dan bagaimana sih cara memainkannya. Suatu hari iseng-iseng saya pinjam sebuah gitar ukulele dari anak tetangga yang sedang nongkrong bareng temen-temennya di depan tempat saya nongkrong. Lantas saya coba.. lho.. kok kayak gini..

Kalau sekedar memetik gitarnya sih suaranya gak jauh beda kayak gitar saya yang kebetulan memakai senar gitar Nilon. Tapi pas mau coba pasang chord Am.. kok fals.. hehe.. awalnya saya anggap kayak main gitar biasa aja, paling-paling kayak kita lagi main gitar biasa, senar 5 dan 6 dihilangkan (dianggap gak ada). Alhasil masih fals juga.. kemudian saya balik, mungkin yang dihilangkan adalah senar 1 dan 2. Dan si anak yang punya gitar hanya senyum-senyum saja. Piye iki..?? Pikir saya. "Coba Gus kamu mainin aja, biar saya lihat dulu..!" Pinta saya sama anak itu, namanya Agus.

Benar kata pepatah, "Jangan anggap remeh sesuatu". Dan si Agus pun menunjukan kepiawaianya bermain gitar ukulele. Saya pun hanya melongo, dan terheran-heran.. saya perhatikan kok chordnya aneh-aneh, ada yang hanya satu senar saja ditekan. Pokoknya beda baget sama gitar biasa yang sudah saya bangga-bangkakan selama ini.

Makin penasaran, lantas saya tanya si Agus.. "Gus, kamu bisa main gitar ukulele dari mana..?" dan Agus menjawab.. "Dari internet a.. " karena saya dan Agus orang sunda jadi "Aa" adalah panggilan yang diberikan  Agus kepada saya.

Pantesan.. ternyata selama ini si Agus ini rajin baca-baca di internet dan sesekali lihat video di Youtube tentang cara belajar gitar ukulele senar 4.

Belajar dari pengalaman di atas, saya mengambil sebuah Kesimpulan bahwa Memainkan gitar ukulele tidak sama seperti memainkan gitar biasa. Terutama pada bentuk kunci gitar dan cara menggenjrengnya.

Adapun yang harus dimengerti sebelum belajar gitar ukulele, baiknya mengetahui beberapa perbedaan yang ada antara gitar ukulele dan gitar biasa. Berikut adalah perbedaannya:

Perbedaan gitar ukulele dan gitar biasa


Kalau soal ukuran sudah jelas berbeda, gitar ukulele umumnya berukuran lebih kecil dari pada gitar biasa. Namun bukan perbedaan seperti demikian yang saya maksud, perbedaan dari setelan dan cara memainkannya agar paham penggunaan chord gitar dan melodinya pada gitar ukulele.

Baik, berikut 2 perbedaan yang saya maksud:

1. Susunan nada senar gitar


Setiap gitar biasa memiliki susunan nada senar gitar, atau dalam kata lain sering disebut Tuning. Seperti yang kita ketahui susunan nada senar gitar secara berurutan dari senar 1 sampai 6 adalah E-B-G-D-A-E.

Hal inilah yang sebelumnya tidak saya ketahui. Ternyata susunan nada senar gitar ukulele senar 4 adalah G-C-E-A.

Belajar membedakan ukulele dengan gitar biasa


2. Chord gitar ukulele senar 4


Karena tuningnya berbeda dengan gitar biasa, maka bentuk dari chord gitar ukulele juga berbeda. Berikut adalah beberapa chord dasar gitar ukulele untuk belajar bermain gitar ukulele tingkat pemula.

Chord Mayor, minor dan chord 7
21 chord dasar gitar Ukulele

Dengan memahami rumus belajar gitar ukulele diatas, saya rasa akan lebih mudah untuk bisa menguasai gitar ukulele. Cara yang paling mudah adalah dengan mencoba menyanyikan sebuah lagu sederhana yang sobat hafal dengan beberapa chord dasar diatas, mulailah dengan genjrengan ringan sambil melatih perpindahan chord gitar hingga benar-benar lancar.

Jika belum memiliki gitar ukulele sekalipun sobat bisa mencoba menggunakan gitar biasa dengan hanya memakai 4 senar gitar saja, kemudian setem ulang dengan tuning seperti yang sudah saya sampaikan tadi.

Demikian tadi yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu sobat sekalian dalam belajar gitar ukulele.. terima kasih kunjungannya dan Wassalam..


Friday, June 7, 2019

Bagaimana Cara Belajar Gitar yang Benar dari Nol Sampai Mahir

Dari mana harus memulai dan cara belajar gitar dari nol yang benar-benar bisa memberikan hasil yang baik? Bisakah tidak sampai satu minggu sudah bisa bermain gitar?

Kembali kali ini saya bahas sebagai motivasi pembelajaran bermain gitar. Diharapkan bisa menguasai bermain gitar kurang dari 1 minggu.

Sebenarnya tidak butuh waktu yang lama untuk bisa bermain gitar dari awal sampai mahir, asalkan teori yang digunakan serta tahapan-tahapan dipelajari tidak asal-asalan, dalam artian harus mulai dari dasar, menengah dan advance atau mahir.

Teori belajar gitar dasar meliputi:

  • Belajar kunci gitar dasar
  • Belajar cara menggenjreng gitar
  • Belajar standar setelan gitar dengan cara menyetem gitar
  • Menyanyikan lagu sederhana untuk pemula menggunakan gitar


Keterangan di atas adalah Tahapan yang benar dalam belajar gitar tingkat dasar. Sobat bisa targetkan misalnya untuk hari pertama dan kedua, sobat mempelajari poin pertama dan kedua. Kemudian hari berikutnya untuk tahapan seterusnya. Jangan diacak apalagi dibalik!

Mulai dengan tahapan dan teori yang tepat
Pengen bisa main gitar??

Untuk penjelasan lebih lanjut,mari kita bahas sekilas satu-persatu.


1.1 Belajar kunci gitar dasar


Pada artikel sebelumnya saya pernah mengulas secara lengkap bagaimana belajar kunci dasar gitar dan kunci/chord gitar apa saja yang termasuk kedalam kunci gitar dasar.

Untuk prakteknya pada hari pertama belajar gitar, cobalah menghafal 10 kunci gitar dasar seperti chord: Am, A(mayor), C, Dm, D, E, Em, F, Bm dan G. Pastikan posisi kunci gitar benar dan berbunyi jelas saat dipetik atau digenjreng.

Jika dalam waktu satu hari belum menguasai 10 kunci di atas, itu wajar saja.. biasanya pemula kesulitan dalam letak dan posisi kunci gitar dikarenakan jari masih kaku. Untuk melenturkan jari bisa diatasi dengan melakukan senam jari gitar.



1.2 Belajar memetik dan menggenjreng gitar


Tahapan berikutnya adalah memetik gitar pada saat menekan kunci dasar gitar. Memetik gitar mulai dari senar yang paling atas (no.6) berurutan ke senar dibawahnya hingga senar terakhir secara perlahan hingga semua senar menghasilkan bunyi (khususnya yang ditekan jari).

Jangan dulu menggenjreng gitar jika pada saat membentuk chord gitar masih ada senar yang belum berbunyi.

Setelah yakin semuanya sudah berbunyi jelas, barulah mulai belajar menggenjreng gitar. Pola menggenjreng gitar bisa bervariasi tergantung kebutuhan lagu yang akan dinyanyikan.

Kita bisa melakukan beberapa improvisasi untuk menggenjreng gitar. Pola yang paling mudah adalah dengan teknik block chord gitar. Yaitu menggenjreng hanya pada awal perpindahan chord gitar. Teknik ini digunakan untuk melancarkan memindahkan chord gitar.


1.3 Belajar setelan standar gitar dengan menyetem gitar


Tujuan utama dari menyetem gitar adalah menjaga setelan gitar tetap standar, sehingga nada tidak fals. Bagai mana bisa mengingat chord gitar jika nada yang dihasilkan tidak enak didengar.

Bedakan antara bunyi dan nada.

Bingung??

Bunyi itu adalah suara tanpa nada, contohnya bunyi knalpot motor atau bunyi petir.

Sedangkan nada adalah bunyi dengan prekuensi tertentu dan dihitung dalam satuan Hz. Nada ada yang rendah dan ada yang tinggi. Semakin besar Hz, maka semakin tinggi nadanya. Contohnya nada dari senar gitar no.6 berbeda dengan senar no.5 karena berbeda prekuensinya.

Jika sudah faham tentang nada ini, sobat akan bisa menyetem gitar secara manual dengan susunan nada senar gitar sebagai berikut:

  • Senar gitar no.6 = E rendah
  • Senar gitar no.5 = A
  • Senar gitar no.4 = D
  • Senar gitar no.3 = G
  • Senar gitar no.2 = B
  • Senar gitar no.1 = E tinggi

Pengalaman saya waktu belajar gitar dulu, belum ada aplikasi-aplikasi android untuk menyetem gitar.  Memang enakan zaman sekarang, semuanya lebih praktis. Jika sobat belum bisa menyetel gitar secara manual, tinggal cari di playstore download aja aplikasi penyetem gitar.. dijamin langsung bisa menyetel gitar saat itu juga.



1.4 Belajar menyanyikan lagu untuk pemula


Tahapan selanjutnya belajar gitar adalah dengan mencoba menyanyikan lagu untuk pemula. Tidak butuh banyak kunci dasar gitar pada lagu sederhana seperti itu. Jika sobat hanya baru menguasai beberapa kunci dasar, cobalah beberapa chord lagu yang sudah sobat hafal nyanyian dan liriknya.

Jangan memaksakan menyanyikan lagu yang belum hafal, pilih yang paling mudah terlebih dahulu dengan sedikit kunci gitarnya.

Baca : 30 chord gitar lagu Iwan Fals yang mudah


Dengan ketekunan dalam belajar bermain gitar sesuai tahapan di atas, sobat bisa menargetkan sendiri berapa lama bisa bermain gitar. Bahkan bisa kurang dari satu minggu jika hanya sekedar untuk bisa menyanyikan lagu diiringi gitar saja.

Berbeda dengan bermain gitar tingkat menengah dan mahir. Akan dibutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan belajar gitar tingkat dasar.

Teori yang bisa diikuti untuk belajar gitar tingkat menengah dan Mahir adalah:

  • Belajar kunci gitar lengkap
  • Belajar cara memetik gitar akustik
  • Belajar gitar melodi



2.1 Belajar kunci gitar lengkap


Tidak cukup satu halaman artikel jika kita membahas  belajar kunci gitar lengkap. Namun saya sudah banyak menulis artikel tentang macam-macam chord gitar mulai dari A sampai Z. Lumayan lengkap lah, disana dijelaskan secara jelas dan disertai gambar serta panduannya.

Baca juga: Belajar semua kunci gitar lengkap beserta gambar


2.2 Belajar cara memetik gitar Akustik 


Memetik gitar memerlukan skil yang lebih matang. Disini memang bukan tutorial belajar memetik gitar yang sangat lengkap. Namun kembali kepada sobat, jika hanya untuk memetik gitar pada lagu bisa dilakukan dengan variasi petik kebawah secara berurutan, kemudian kembali ke atas. Begitu seterusnya.

Jangan lupakan tempo pada saat memetik gitar harus tepat. Sobat bisa mempelajari tempo bermain gitar yang sebelumnya sudah saya tulis.

Untuk bisa memetik gitar yang seperti pada lagu-lagu populer. Dibutuhkan kejelian telinga dalam meniru memainkannya (jika dikulik sendiri).

Saya sangat menyarankan sobat mempelajari tablatur gitar jika berminat menguasai cara memetik gitar seperti Pop, Klasik, Jazz, dll..




2.3 Belajar gitar melodi


Tab Gitar bisa dikatakan wajib diperlukan dalam belajar bermain gitar melodi. Jika benar-benar ingin bermain gitar melodi dengan tepat.

Kelebihan dari menggunakan tab gitar adalah nada setiap melodi akan lebih akurat. Juga mengurangi kita banyak berpikir jika dibandingkan dengan ngulik melodi sendiri. Belum lagi hasilnya belum tentu seakurat dari tab gitar bisa kita cari di internet atau buku-buku tab gitar.

Untuk pembelajaran mengenai teknik gitar melodi, sobat bisa baca pada artikel saya tentang Belajar teknik gitar melodi seperti gitaris Dunia.

Bermain gitar memang tiada batasnya. Semakin sobat belajar maka semakin banyak yang ingin dikuasai, belum lagi jiga menonton di Youtube.. banyak sekali pemain gitar yang super jago sesuai dengan stylenya masing-masing.

Banyak dari temen-temen yang belajar dari.. ehm saya hehe..  memilih jalur musik yang berbeda dari saya. Hal itu dikarenakan selera setiap orang berbeda-beda. Seperti saya lebih menyukai gitar Klasik dan Heavy metal. Beberapa temen saya tadi malah lebih suka Blues atau genre yang lain.

Intinya genre apapun yang diminati, teknik gitar melodi yang dipakai adalah itu-itu juga.


Kesimpulan


Belajar gitar mulai dari nol harus mengikuti tahapan-tahapan yang tepat dengan teori yang benar. Untuk menjadi mahir, gunakan metode seperti tab gitar dan kuasai teknik bermain gitar melodi juga tentukan genre yang akan kita pelajari.

Sekian yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana belajar gitar mulai dari awal sampai mahir. Semoga bermanfaat.. Wassalam..







Saturday, June 1, 2019

Chord Gitar 'Korban Janji' Kunci Dasar C - Guyon Waton [Via Vallen Cover]

Chord gitar lagu 'Korban Janji' dengan nada dasar C (Mayor). Alternatif chord gitar dasar C untuk lagu Korban Janji - Via Vallen cover, mungkin akan lebih pas buat vocal range kamu.

Okay langsung.. Test aja dulu chord gitar Korban Janji di bawah ini:

Chord Gitar Lagu
KORBAN JANJI
Covered by: Via Vallen
 


Intro : C..D..A..Em..
        Am..D..G..

         C          D
Tanpo welas kowe lungo 
        G.. Em..
Biyen kae
       Am       D          G
Ra ono mesakne aku sitik wae
         C        D
Ngobati tresno anyarmu
         Bm          Em
Lalu kau tinggalkan aku
       Am         D         G
Tersakiti sendiri di malam itu..

        C
Kowe lungo pas aku..
D           G.. Em..
Sayang-sayange
       Am           D          G
Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae
       
       C           D
Aku ra ngerti salahku
           Bm       Em
Dan kau campakkan diriku
           Am        D
Bersanding dengan kekasih 
    G
barumu..


Reff :
   C        D
Abot tak trimo
    G            Em
Kanti ikhlas legowo
      Am         D
Sing tak arep kowe
      G
Ra disiyo-siyo..

     C          D
Ben cukup mung aku
    Bm            Em
Korban janji manismu
   Am              D       G
Udan bledek kang dadi Saksiku..


Melodi: C D Bm Em Am D G..
        C D Bm Em Am D G..

        C
Kowe lungo pas aku..
D           G.. Em..
Sayang-sayange
       Am           D          G
Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae
       
       C           D
Aku ra ngerti salahku
           Bm       Em
Dan kau campakkan diriku
           Am        D
Bersanding dengan kekasih 
    G
barumu..


Reff :
   C        D
Abot tak trimo
    G             Em
Kanti ikhlas legowo
      Am         D
Sing tak arep kowe
      G
Ra disiyo-siyo..

     C          D
Ben cukup mung aku
    Bm            Em
Korban janji manismu
   Am              D       G
Udan bledek kang dadi Saksiku..

        C
Kowe lungo pas aku..
D           G..  Em..
Sayang-sayange
       Am           D          G
Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae
       
       C           D
Aku ra ngerti salahku
           Bm       Em
Dan kau campakkan diriku
           Am        D
Bersanding dengan kekasih 
    G
barumu..


Reff :
   C        D
Abot tak trimo
    G             Em
Kanti ikhlas legowo
      Am         D
Sing tak arep kowe
      G
Ra disiyo-siyo..

     C          D
Ben cukup mung aku
    Bm            Em
Korban janji manismu
   Am              D       G
Udan bledek kang dadi Saksiku..

Reff :
   C        D
Abot tak trimo
    G             Em
Kanti ikhlas legowo
      Am         D
Sing tak arep kowe
      G
Ra disiyo-siyo..

     C          D
Ben cukup mung aku
    Bm            Em
Korban janji manismu
   Am              D       G
Udan bledek kang dadi Saksiku..
  Am               D       G
Udan bledek kang dadi Saksiku..
  Am               D         G
Udan bledek kang dadi.. Saksiku..


~Selesai~


Kunci gitarnya emang gampang kalo buat yang udah jago main gitar, buat yang masih belajar tenang aja, saya kasih gambar chord gitarnya biar gak ribet..

Gambar chord gitar untuk lagu Korban Janji


Chord C, D, Em, G, Am dan Bm
Gambar chord u/ lagu Korban Janji - dasar C

Kunci gitar lagu Korban Janji dengan chord dasar lainnya bisa disimak pada link dibawah:

Chord Gitar 'Korban Janji' - Kunci Dasar D (Mayor)

Sobat gitar juga bisa merubah chord dasar pada sebuah lagu apa saja dengan mengikuti pandauan Cara merubah chord gitar dasar pada lagu (Transpose tanpa tools). Ilmu tingkat Dewa yang sudah digunakan oleh para leluhur saya secara turun-temurun dan mendapatkan sertifikat Halal 100% Work.. hihihi.. Kiding Boskuh!! 😁 tapi beneran lho bisa dipraktekan sendiri kok..

Sampai disini dulu sekian yang bisa saya sampaikan dalam artikel chord gitar Korban Janji.. en..Wassalam..


AutoScroll

Wednesday, May 29, 2019

Chord Gitar Lagu 'Korban Janji' Dasar D - Guyon Waton [Cover: Via Vallen]

Chord gitar 'Korban Janji' chord dasar D (Mayor) lagu dari penyanyi Guyon Waton dan dipopulerkan oleh Artis Via Vallen dan Nella Kharisma. Chord lagu Korban Janji dibawah terdiri dari 6 chord gitar yaitu: chord gitar D, E, F#m, A, Bm dan C#m. Sebut saja dalam chord gitar dasar D, dimana chord gitar aslinya adalah dalam chord dasar F.

Tanpa banyak basa-basi, Berikut chord gitar Korban Janji dalam chord dasar D.

Chord gitar dan lirik lagu
Korban Janji (manismu)
Cover by: Via Vallen


Intro : D..E..A..F#m..
        Bm..E..A..

         D          E
Tanpo welas kowe lungo 
        A.. F#m..
Biyen kae
       Bm       E          A
Ra ono mesakne aku sitik wae
         D        E
Ngobati tresno anyarmu
         C#m         F#m
Lalu kau tinggalkan aku
       Bm         E         A
Tersakiti sendiri di malam itu..

        D
Kowe lungo pas aku..
E           A.. F#m..
Sayang-sayange
       Bm           E          A
Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae
       
       D           E
Aku ra ngerti salahku
           C#m      F#m
Dan kau campakkan diriku
           Bm        E
Bersanding dengan kekasih
    A
barumu..


Reff :
   D        E
Abot tak trimo
    A            F#m
Kanti ikhlas legowo
      Bm         E
Sing tak arep kowe
      A
Ra disiyo-siyo..

     D          E
Ben cukup mung aku
    C#m           F#m
Korban janji manismu
   Bm              E       A
Udan bledek kang dadi Saksiku..


Melodi: D E C#m F#m Bm E A..
        D E C#m F#m Bm E A..

        D
Kowe lungo pas aku..
E           A.. F#m..
Sayang-sayange
       Bm           E          A
Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae
       
       D           E
Aku ra ngerti salahku
           C#m      F#m
Dan kau campakkan diriku
           Bm        E
Bersanding dengan kekasih 
    A
barumu..


Reff :
   D        E
Abot tak trimo
    A            F#m
Kanti ikhlas legowo
      Bm         E
Sing tak arep kowe
      A
Ra disiyo-siyo..

     D          E
Ben cukup mung aku
    C#m           F#m
Korban janji manismu
   Bm              E       A
Udan bledek kang dadi Saksiku..

        D
Kowe lungo pas aku..
E           A.. F#m..
Sayang-sayange
       Bm           E          A
Tanpo pamit kowe ngadoh ngono wae
       
       D           E
Aku ra ngerti salahku
           C#m      F#m
Dan kau campakkan diriku
           Bm        E        A
Bersanding dengan kekasih barumu..


Reff :
   D        E
Abot tak trimo
    A            F#m
Kanti ikhlas legowo
      Bm         E
Sing tak arep kowe
      A
Ra disiyo-siyo..

     D          E
Ben cukup mung aku
    C#m           F#m
Korban janji manismu
   Bm              E       A
Udan bledek kang dadi Saksiku..

Reff :
   D        E
Abot tak trimo
    A            F#m
Kanti ikhlas legowo
      Bm         E
Sing tak arep kowe
      A
Ra disiyo-siyo..

     D          E
Ben cukup mung aku
    C#m           F#m
Korban janji manismu
   Bm              E       A
Udan bledek kang dadi Saksiku..
  Bm               E       A
Udan bledek kang dadi Saksiku..
  Bm               E         A
Udan bledek kang dadi.. Saksiku..


~Selesai~



6 Gambar chord gitar Korban Janji dasar D


Chord dasar D mayor - D, E, F#m, A, Bm dan C#m
Gbr. Chord gitar Korban Janji (dasar D)

Demikian tadi chord gitar dari lagu Korban Janji (manismu). Silahkan isi kolom komentar dibagian akhir halaman untuk request chord gitar Korban Janji dalam chord dasar lain..


AutoScroll

Tuesday, May 21, 2019

JIKALAU KAU CINTA CHORD DASAR D - JUDIKA [ORIGINAL VERSION]

Chord gitar lagu 'Jikalau Kau Cinta' - JUDIKA nada dasar D (mayor) versi originalnya.


Chord gitar lagu

JIKALAU KAU CINTA

By: JUDIKA


Chord gitar dasar D


Intro: D-G-D-F-Em-Asus-A

   D           G
Jikalau kau cinta,
  D             G
benar benar cinta
       D
Jangan katakan
   F   Em     A
kamu tidak cinta

  D           G
Jikalau kau sayang,
  D           G
benar-benar sayang
       D        Bm     
Tak hanya kata atau rasa
    Em    A     D
Kau harus tunjukkan...


Reff:

   Dsus   D
Jangan sampai
    C#m7b5      F#        Bm
Hingga waktu perpisahan tiba
    Am         D7
Dan semua yang tersisa
      G       F#m
hanyalah air mata
   Em        Gdim
Hanya air mata

    Dsus  D
Mungkin saja
   C#m7b5       F#         Bm
Cinta kan menghilang selamanya
    Am            D7
Dan semua yang tersisa
   G          F#m
hanyalah air mata
  Em        A     D
Hanya air mata cinta


intro: D-G-D-F-Em-Asus-A..

  D           G
Jikalau kau sayang,
  D           G
benar-benar sayang
       D        Bm     
Tak hanya kata atau rasa
    Em    A     Bm..
Kau harus tunjukkan...

intro: A-Bm-C#m-D-Em-F-G-A
  G      F#m
Ouwoo.. ouwooo..
Am Gm  A..
Percayalah..

    Em
Kemanapun kau acuh
    B/Eb
Cinta tak pernah rapuh
    Em           D   
Berpalingpun tak mampu
      C      
Hilangkan cinta
       A
percayalah...


Reff: (Overtune)

   Esus   E
Jangan sampai
   D#m7b5        G#      C#m
Hingga waktu perpisahan tiba
    Bm        E7
Dan semua yang tersisa
     A         G#m
hanyalah air mata
  F#m       B
Hanya air mata

    Esus   E
Mungkin saja
   D#m7b5      G#         C#m
Cinta kan menghilang selamanya
    Bm            E7
Dan semua yang tersisa
     A         G#m
Hanyalah air mata
   F#m    B
Hanya air mata
   F#m       G#m
Hanya air mata
   A         B
Hanya air mata
    E-A-E-G-F#m-B-E..
Cinta...


~Selesai~

Gambar kunci gitar lagu Jikalau Kau Cinta - Judika


Chord D, D7, Dsus, D#m7b5, E, Em, Esus, F, F#, F#m, G dan Gdim

Chord gitar G#, G#m, A, Am, Asus, Bm, B/Eb, C, C#m, dan C#m7b5


Demikian tadi chord gitar dari lagu 'Jikalau Kau Cinta - Judika'.


Coba juga: Chord judika - Jikalau Kau cinta nada dasar A (mayor)


AutoScroll

Saturday, May 18, 2019

Belajar Semua Kunci Gitar Lengkap dengan Rumusnya [Metode Gampang diingat]

Susah menghafal semua kunci gitar? Coba rumus ini agar mudah belajar kunci gitar lengkap mulai dari A, B, C, D, E, F dan G (semua macam kunci gitar).

Menguasai seluruh atau sebagian besar kunci gitar lengkap adalah impian setiap orang yang sedang belajar bermain gitar. Dengan menguasai kunci gitar selengkap-lengkapnya maka lagu atau musik jenis apapun pasti akan bisa dimainkan.

Namun tidak sedikit orang yang hanya menguasai/hafal beberapa kunci gitar saja. Hal ini dikarenakan belum tahu metode yang benar dalam belajar kunci gitar lengkap untuk semua jenis kunci gitar (seperti mayor, minor, m7, M7, dsb..).


Cara membaca gambar kunci gitar


Sebelum membahas metode yang baik untuk belajar kunci gitar lengkap, untuk sobat yang sangat pemula berikut adalah petunjuk cara membaca gambar chord gitar:
Cara membaca gambar chord gitar
Source: Nulisbuku.com

Metode atau cara yang baik yang bisa digunakan untuk belajar semua jenis kunci gitar adalah dengan menggunakan kunci gantung.

Kenapa memilih kunci gantung?

Dengan menggunakan kunci/chord gantung, kita bisa dengan mudah menghafal semua kunci gitar hanya dengan mengingat satu formasi saja. Kenapa bisa demikian..? Inilah yang ingin saya jelaskan disini, yaitu rumus semua jenis kunci gitar agar bisa menguasai cara belajar kunci gitar lengkap.

Bagaimana memulainya?

Satu rumus yang wajib dihafal terlebih dahulu adalah 12 rumus nada dasar. Saya yakin sobat sudah pada hafal semua, namun seringkali disepelekan. Jika kita tau cara menerapkannya, ini akan memiliki dampak yang luar biasa dalam belajar menghafal kunci gitar secara lengkap.

Berikut adalah 12 rumus nada dasar yang saya maksud:

A-A#-B-C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#

Agar mudah mengingatnya, kecualikan bahwa nada B dan E tidak memiliki tanda kres (#).

Rumus diatas akan kita gunakan sebagai patokan Bass kunci gitar sekaligus nama kunci gitar yang dibentuk. Dan bass kunci gitar pada chord gantung bisa menggunakan senar gitar 6, 5 dan 4.


Bagaimana menentukan nada yang ada pada senar gitar?


Sudah menjadi standar umum, bahwa senar gitar secara berurutan dengan nadanya masing-masing. Dan nada senar gitar tanpa ditekan untuk masing-masing senar gitar secara berurutan mulai dari atas adalah sebagai berikut:
  1. Senar no. 6 adalah nada E
  2. Senar no. 5 adalah nada A
  3. Senar no. 4 adalah nada D
  4. Senar no. 3 adalah nada G
  5. Senar no. 2 adalah nada B
  6. Senar no. 1 adalah nada E


Setelah mengetahui nada yang ada pada senar gitar tanpa ditekan, itu artinya nada = bass kunci gitar yang akan digunakan sebagai pola awal pada kunci gitar.

Contoh: Buatlah chord gantung Am menggunakan Bass dari senar no. 6!

Untuk menjawabnya, ikuti langkah berikut:
  1. Temukan nada/bass A pada senar gitar no. 6, gunakan 12 rumus nada dasar tadi dengan dimulai dari nada E (karena nada senar no. 6 adalah nada E) maka setelah nada E adalah nada F, F#, G, G#, dan A.
    Bass Pada senar gitar no. 6
    Bass A (fret 5 senar no.6)
  2. Gunakan formasi minor pada chord gantung senar no. 6, kita bisa ambil formasi dari kunci Em kemudian menggunakan bass A (fret 5) sesuai formasi seperti kunci Em. Lihat pada gambar, fret menentukan bass/nama chord gitar: 
    Formasi chord Em menjadi Am
    Chord Am dari formasi Em

Dengan satu contoh tadi bisa mewakili semua jenis chord gitar yang ingin dibentuk menjadi chord gantung baik dengan nada/bass pada senar gitar 6, 5 dan 4.


Belajar kunci gitar lengkap dengan gambar


Berikut adalah pembahasan kunci gitar lengkap dari A-G, yang sudah saya susun dengan singkat:

  1. Belajar kunci gitar A lengkap, mayor, am, a7, a6, am..
  2. Belajar kunci gitar B lengkap, chord b, bm, b7, bm7..
  3. Belajar kunci gitar C lengkap, C mayor, Cm, C7, CM7..
  4. Belajar kunci gitar D lengkap, chord D, dm, d7, dm7..
  5. Belajar kunci gitar E lengkap, chord E mayor, Em..
  6. Belajar kunci gitar F lengkap, chord F mayor, Fm..
  7. Belajar kunci gitar G lengkap, chord G mayor, Gm..


Semoga apa yang bisa saya sampaikan tentang belajar kunci gitar lengkap ini bisa membantu sobat dan memberi manfaat.. 





Tuesday, May 14, 2019

Pilih Gitar Akustik yang Bagus dengan Ciri Seperti ini [Pemula Wajib Tau]

Perhatikan bagian-bagian penting yang wajib diketahui sebelum membeli gitar akustik, dibawah ini adalah kriteria gitar akustik yang bagus dan cara memilih gitar akustik yang enak dimainkan dengan kualitas yang bagus  meskipun dengan harga yang murah.

Gitar akustik yang bagus tidak bisa dilihat berdasarkan penampilannya yang keren dan merknya yang terkenal saja. Karena gitar akustik yang bagus itu harus memiliki 3 kriteria sebagai berikut:

  1. Gitar akustik yang bagus itu harus enak dimainkan
  2. Memiliki suara yang nyaring
  3. Gitar yang bagus itu tuningnya harus pas


Bagaimana cara menentukan gitar akustik yang bagus dan memiliki 3 kriteria diatas?

Memilih gitar akustik yang bagus dan ideal

Cara-cara berikut ini bisa langsung dipraktekkan pada saat memilih gitar akustik sebelum membelinya di toko gitar dimana saja.

Cara test gitar akustik yang enak dimainkan


Pada saat pertama memegang gitar akustik jangan terlalu peduli dengan berat/ringannya gitar akustik tersebut. Kalau masalah bentuk dan penampilan sih itu terserah selera masing-masing. Untuk menentukan gitar akustik yang bagus dan enak dimainkan itu adalah dengan melihat bentuk neck gitar yang lurus, dengan bahan kayu yang keras. Karena jika bahan kayu pada neck gitar akustik menggunakan kayu yang biasa, maka bisa dipastikan bentuknya berubah (bengkok) seiring berjalannya waktu.

Biasanya gitar yang dipajang dan dijual di toko gitar sudah dalam kondisi disetem. Cobalah memainkan beberapa chord gitar apakah gitar tersebut terasa keras atau empuk. Jika terasa empuk, maka gitar akustik tersebut sudah masuk kriteria pertama. Jika berada dalam kondisi belum disetem, usahakan agar disetem terlebih dahulu.

Dengan kondisi gitar akustik yang sudah disetem, kita bisa tau apakah chord gitar yang dibentuk tidak fals, minimal beberapa baris fret gitar pertama guna pemakaian chord gitar harus nge-tune (tidak fals).

Jika sulit menemukan gitar yang empuk, caranya gampang sekali.. sobat tinggal cari gitar akustik yang memiliki fret gitar pertama berdekatan sekali dengan bantalan senar gitar (nut gitar). 


Dengan fret gitar sebagai bantalan dari  ke-6 senar gitar pada bagian neck gitar, maka jarak senar gitar lebih dekat dari fret gitar, tentu saja senar gitar akan terasa lebih empuk, berbeda dengan senar gitar yang bertumpu pada nut gitar biasanya terasa lebih keras, tuningnya pun terkadang lebih kacau.

Jangan lupa dicek juga nut gitar pada bagian bridge gitar apakah masih tinggi. Jika masih, bisa kita akali dengan memendekan nut gitar pada bridge agar jarak senar gitar lebih dekat dengan fret gitar sehingga gitar menjadi empuk dan enak dimainkan.


Gitar akustik yang bagus itu suaranya keras dan nyaring


Kembali pada selera masing-masing apakah lebih suka gitar akustik dengan suara yang nyaring atau yang pelan. Biasanya gitar akustik yang keras dimainkan untuk yang suka main gitar sambil nyanyiin lagu tanpa sound sistem. Yaa.. kayak nyanyi-nyanyi bareng temen nongkrong, atau lagi camping di alam liar, atau buat acara latihan nyanyi disekolahan, dll...

Tapi jangan salah, gitar akustik yang pelan juga akan lebih baik jika dibandingkan dengan gitar akustik yang keras jika  kita memakai spull gitar akustik dan menjadi gitar listrik akustik.

Sound yang dikeluarkan akan lebih clean jika kita menggunakan gitar akustik yang suaranya pelan setelah dipasangi spull gitar bantuan.

Maka semuanya tergantung kebutuhan sobat, apakah akan memilih gitar akustik yang suaranya keras (nyaring) atau memilih gitar akustik yang suaranya pelan.

Jika sobat ingin memilih  gitar akustik yang bagus dengan suara yang nyaring, carilah gitar akustik yang memiliki tinggi body gitar di atas 10 cm. Semakin tinggi body gitar, maka suara yang dikeluarkan akan semakin keras. 
Gitar akustik yang keras itu bagus
Ukuran ideal gitar akustik
Dengan ruangan dalam body gitar yang lebih luas resonansi akan lebih besar. Sehingga suara yang dihasilkanpun akan menjadi lebih keras dan nyaring.


Gitar akustik yang bagus itu harus nge-tune


Tadi sempat kita bahas sedikit bahwa gitar akustik yang bagus itu tidak fals pada setiap bagian fret gitarnya. Kalau buat yang sudah bisa dan ngerti fals atau nggaknya gitar sih gak bakalan jadi masalah, pasti gampang menentukan gitar akustik yang bagus dan ngetune. Nah.. buat yang belum bisa bermain gitar, ada baiknya minta bantuan temen atau saudara yang sudah faham pada saat pergi membeli gitar akustik.

Jangan lupa juga dicek semua fret gitar apakah sudah ngetune atau belum, contohnya untuk senar gitar no 1 dipetik tanpa menekan fret gitar apakah nadanya sama dengan nada pada saat menekan fret gitar ke 12. Ini penting untuk bermain gitar melodi, bisa saja ada satu atau beberapa fret gitar yang tidak nge-tune alias fals pada saat ditekan.

Fret gitar yang tidak ngetune nadanya ini karena kesalahan produksi pabrik gitar, jadi akan cukup sulit untuk diperbaiki. Jadi lebih baik mengecek satu persatu fret gitar akustik barangkali ada yang tidak ngetune.


Demikian yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga artikel tentang cara memilih gitar akustik yang bagus ini bisa bermanfaat buat sobat gitar mania... Wassalam..