Saturday, May 18, 2019

Belajar Semua Kunci Gitar Lengkap dengan Rumusnya [Metode Gampang diingat]

Susah menghafal semua kunci gitar? Coba rumus ini agar mudah belajar kunci gitar lengkap mulai dari A, B, C, D, E, F dan G (semua macam kunci gitar).

Menguasai seluruh atau sebagian besar kunci gitar lengkap adalah impian setiap orang yang sedang belajar bermain gitar. Dengan menguasai kunci gitar selengkap-lengkapnya maka lagu atau musik jenis apapun pasti akan bisa dimainkan.

Namun tidak sedikit orang yang hanya menguasai/hafal beberapa kunci gitar saja. Hal ini dikarenakan belum tahu metode yang benar dalam belajar kunci gitar lengkap untuk semua jenis kunci gitar (seperti mayor, minor, m7, M7, dsb..).


Cara membaca gambar kunci gitar


Sebelum membahas metode yang baik untuk belajar kunci gitar lengkap, untuk sobat yang sangat pemula berikut adalah petunjuk cara membaca gambar chord gitar:
Cara membaca gambar chord gitar
Source: Nulisbuku.com

Metode atau cara yang baik yang bisa digunakan untuk belajar semua jenis kunci gitar adalah dengan menggunakan kunci gantung.

Kenapa memilih kunci gantung?

Dengan menggunakan kunci/chord gantung, kita bisa dengan mudah menghafal semua kunci gitar hanya dengan mengingat satu formasi saja. Kenapa bisa demikian..? Inilah yang ingin saya jelaskan disini, yaitu rumus semua jenis kunci gitar agar bisa menguasai cara belajar kunci gitar lengkap.

Bagaimana memulainya?

Satu rumus yang wajib dihafal terlebih dahulu adalah 12 rumus nada dasar. Saya yakin sobat sudah pada hafal semua, namun seringkali disepelekan. Jika kita tau cara menerapkannya, ini akan memiliki dampak yang luar biasa dalam belajar menghafal kunci gitar secara lengkap.

Berikut adalah 12 rumus nada dasar yang saya maksud:

A-A#-B-C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#

Agar mudah mengingatnya, kecualikan bahwa nada B dan E tidak memiliki tanda kres (#).

Rumus diatas akan kita gunakan sebagai patokan Bass kunci gitar sekaligus nama kunci gitar yang dibentuk. Dan bass kunci gitar pada chord gantung bisa menggunakan senar gitar 6, 5 dan 4.


Bagaimana menentukan nada yang ada pada senar gitar?


Sudah menjadi standar umum, bahwa senar gitar secara berurutan dengan nadanya masing-masing. Dan nada senar gitar tanpa ditekan untuk masing-masing senar gitar secara berurutan mulai dari atas adalah sebagai berikut:
  1. Senar no. 6 adalah nada E
  2. Senar no. 5 adalah nada A
  3. Senar no. 4 adalah nada D
  4. Senar no. 3 adalah nada G
  5. Senar no. 2 adalah nada B
  6. Senar no. 1 adalah nada E


Setelah mengetahui nada yang ada pada senar gitar tanpa ditekan, itu artinya nada = bass kunci gitar yang akan digunakan sebagai pola awal pada kunci gitar.

Contoh: Buatlah chord gantung Am menggunakan Bass dari senar no. 6!

Untuk menjawabnya, ikuti langkah berikut:
  1. Temukan nada/bass A pada senar gitar no. 6, gunakan 12 rumus nada dasar tadi dengan dimulai dari nada E (karena nada senar no. 6 adalah nada E) maka setelah nada E adalah nada F, F#, G, G#, dan A.
    Bass Pada senar gitar no. 6
    Bass A (fret 5 senar no.6)
  2. Gunakan formasi minor pada chord gantung senar no. 6, kita bisa ambil formasi dari kunci Em kemudian menggunakan bass A (fret 5) sesuai formasi seperti kunci Em. Lihat pada gambar, fret menentukan bass/nama chord gitar: 
    Formasi chord Em menjadi Am
    Chord Am dari formasi Em

Dengan satu contoh tadi bisa mewakili semua jenis chord gitar yang ingin dibentuk menjadi chord gantung baik dengan nada/bass pada senar gitar 6, 5 dan 4.


Belajar kunci gitar lengkap dengan gambar


Berikut adalah pembahasan kunci gitar lengkap dari A-G, yang sudah saya susun dengan singkat:

  1. Belajar kunci gitar A lengkap, mayor, am, a7, a6, am..
  2. Belajar kunci gitar B lengkap, chord b, bm, b7, bm7..
  3. Belajar kunci gitar C lengkap, C mayor, Cm, C7, CM7..
  4. Belajar kunci gitar D lengkap, chord D, dm, d7, dm7..
  5. Belajar kunci gitar E lengkap, chord E mayor, Em..
  6. Belajar kunci gitar F lengkap, chord F mayor, Fm..
  7. Belajar kunci gitar G lengkap, chord G mayor, Gm..


Semoga apa yang bisa saya sampaikan tentang belajar kunci gitar lengkap ini bisa membantu sobat dan memberi manfaat.. 





Tuesday, May 14, 2019

Pilih Gitar Akustik yang Bagus dengan Ciri Seperti ini [Pemula Wajib Tau]

Perhatikan bagian-bagian penting yang wajib diketahui sebelum membeli gitar akustik, dibawah ini adalah kriteria gitar akustik yang bagus dan cara memilih gitar akustik yang enak dimainkan dengan kualitas yang bagus  meskipun dengan harga yang murah.

Gitar akustik yang bagus tidak bisa dilihat berdasarkan penampilannya yang keren dan merknya yang terkenal saja. Karena gitar akustik yang bagus itu harus memiliki 3 kriteria sebagai berikut:

  1. Gitar akustik yang bagus itu harus enak dimainkan
  2. Memiliki suara yang nyaring
  3. Gitar yang bagus itu tuningnya harus pas


Bagaimana cara menentukan gitar akustik yang bagus dan memiliki 3 kriteria diatas?

Memilih gitar akustik yang bagus dan ideal

Cara-cara berikut ini bisa langsung dipraktekkan pada saat memilih gitar akustik sebelum membelinya di toko gitar dimana saja.

Cara test gitar akustik yang enak dimainkan


Pada saat pertama memegang gitar akustik jangan terlalu peduli dengan berat/ringannya gitar akustik tersebut. Kalau masalah bentuk dan penampilan sih itu terserah selera masing-masing. Untuk menentukan gitar akustik yang bagus dan enak dimainkan itu adalah dengan melihat bentuk neck gitar yang lurus, dengan bahan kayu yang keras. Karena jika bahan kayu pada neck gitar akustik menggunakan kayu yang biasa, maka bisa dipastikan bentuknya berubah (bengkok) seiring berjalannya waktu.

Biasanya gitar yang dipajang dan dijual di toko gitar sudah dalam kondisi disetem. Cobalah memainkan beberapa chord gitar apakah gitar tersebut terasa keras atau empuk. Jika terasa empuk, maka gitar akustik tersebut sudah masuk kriteria pertama. Jika berada dalam kondisi belum disetem, usahakan agar disetem terlebih dahulu.

Dengan kondisi gitar akustik yang sudah disetem, kita bisa tau apakah chord gitar yang dibentuk tidak fals, minimal beberapa baris fret gitar pertama guna pemakaian chord gitar harus nge-tune (tidak fals).

Jika sulit menemukan gitar yang empuk, caranya gampang sekali.. sobat tinggal cari gitar akustik yang memiliki fret gitar pertama berdekatan sekali dengan bantalan senar gitar (nut gitar). 


Dengan fret gitar sebagai bantalan dari  ke-6 senar gitar pada bagian neck gitar, maka jarak senar gitar lebih dekat dari fret gitar, tentu saja senar gitar akan terasa lebih empuk, berbeda dengan senar gitar yang bertumpu pada nut gitar biasanya terasa lebih keras, tuningnya pun terkadang lebih kacau.

Jangan lupa dicek juga nut gitar pada bagian bridge gitar apakah masih tinggi. Jika masih, bisa kita akali dengan memendekan nut gitar pada bridge agar jarak senar gitar lebih dekat dengan fret gitar sehingga gitar menjadi empuk dan enak dimainkan.


Gitar akustik yang bagus itu suaranya keras dan nyaring


Kembali pada selera masing-masing apakah lebih suka gitar akustik dengan suara yang nyaring atau yang pelan. Biasanya gitar akustik yang keras dimainkan untuk yang suka main gitar sambil nyanyiin lagu tanpa sound sistem. Yaa.. kayak nyanyi-nyanyi bareng temen nongkrong, atau lagi camping di alam liar, atau buat acara latihan nyanyi disekolahan, dll...

Tapi jangan salah, gitar akustik yang pelan juga akan lebih baik jika dibandingkan dengan gitar akustik yang keras jika  kita memakai spull gitar akustik dan menjadi gitar listrik akustik.

Sound yang dikeluarkan akan lebih clean jika kita menggunakan gitar akustik yang suaranya pelan setelah dipasangi spull gitar bantuan.

Maka semuanya tergantung kebutuhan sobat, apakah akan memilih gitar akustik yang suaranya keras (nyaring) atau memilih gitar akustik yang suaranya pelan.

Jika sobat ingin memilih  gitar akustik yang bagus dengan suara yang nyaring, carilah gitar akustik yang memiliki tinggi body gitar di atas 10 cm. Semakin tinggi body gitar, maka suara yang dikeluarkan akan semakin keras. 
Gitar akustik yang keras itu bagus
Ukuran ideal gitar akustik
Dengan ruangan dalam body gitar yang lebih luas resonansi akan lebih besar. Sehingga suara yang dihasilkanpun akan menjadi lebih keras dan nyaring.


Gitar akustik yang bagus itu harus nge-tune


Tadi sempat kita bahas sedikit bahwa gitar akustik yang bagus itu tidak fals pada setiap bagian fret gitarnya. Kalau buat yang sudah bisa dan ngerti fals atau nggaknya gitar sih gak bakalan jadi masalah, pasti gampang menentukan gitar akustik yang bagus dan ngetune. Nah.. buat yang belum bisa bermain gitar, ada baiknya minta bantuan temen atau saudara yang sudah faham pada saat pergi membeli gitar akustik.

Jangan lupa juga dicek semua fret gitar apakah sudah ngetune atau belum, contohnya untuk senar gitar no 1 dipetik tanpa menekan fret gitar apakah nadanya sama dengan nada pada saat menekan fret gitar ke 12. Ini penting untuk bermain gitar melodi, bisa saja ada satu atau beberapa fret gitar yang tidak nge-tune alias fals pada saat ditekan.

Fret gitar yang tidak ngetune nadanya ini karena kesalahan produksi pabrik gitar, jadi akan cukup sulit untuk diperbaiki. Jadi lebih baik mengecek satu persatu fret gitar akustik barangkali ada yang tidak ngetune.


Demikian yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga artikel tentang cara memilih gitar akustik yang bagus ini bisa bermanfaat buat sobat gitar mania... Wassalam..

Friday, May 10, 2019

Begini Cara Memegang Kunci Dasar Gitar yang Benar - A, Am, C, Dm, E, Em, F dan G

Kuasai cara memegang 8 kunci dasar gitar berikut ini, dasar dari semua kunci gitar untuk lagu. Cukup dengan 8 kunci dasar gitar (A, Am, C, Dm, E, Em, F dan G) yang memang paling sering digunakan dalam lagu sederhana untuk pemula. Pasti bisa menyanyikan 10 bahkan lebih lagu yang sobat suka.

Dalam proses belajar bermain gitar, tangan dan jari bagaikan sebuah memori kosong yang belum diisi. Termasuk proses memegang kunci dasar gitar pada saat belajar gitar, posisi awal memegang kunci dasar gitar sebenarnya "seperti sedang merekam" posisi yang seperti itu untuk seterusnya dalam memegang kunci dasar gitar.

Masalahnya jika salah dalam memegang kunci dasar gitar, tangan atau jari kerap terasa pegal, dan kesulitan dalam berpindah ke kunci gitar yang lain. Untuk itulah pentingnya mempelajari cara memegang kunci dasar gitar yang benar agar tidak ketinggalan dalam memindahkan chord gitar saat mengiringi lagu dan tangan terasa lebih nyaman meski durasi bermain gitar lebih lama.

Berikut saya berikan tips bagaimana memegang kunci dasar gitar yang benar.


Posisi dan cara memegang 8 kunci dasar gitar beserta gambarnya


Kunci dasar gitarnya meliputi, chord gitar A (mayor), Am (minor), C, Dm, E, Em, F dan G.

1. Chord gitar A (mayor)

Cara memegang kunci dasar gitar A mayor yaitu jari telunjuk, jari tengah dan jari manis menekan senar 4, 3, dan 2 pada fret ke 2. Ibu jari seperti posisi menggantung pada bagian atas neck gitar. Senar gitar no. 1 jangan sampai tersentuh agar tetap berbunyi saat dipetik atau digenjreng.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar memegang chord gitar A mayor dibawah:

Posisi chord gitar A mayor

2. Chord gitar Am (A minor)

Jari telunjuk menekan senar 2 fret ke 1, jari tengah dan jari manis menekan senar 4 dan 2 fret ke 2. Posisi Ibu jari sebagai pemberi power saat penekanan jari pada pembentukan chord gitar Am.

Gambar Chord gitar A minor

3. Chord gitar C (mayor)

Cara memegang kunci dasar gitar C mayor dengan jari telunjuk menekan senar gitar no.2 fret ke 1, jari tengah menekan senar gitar no.4 fret ke 2 dan jari manis menekan senar gitar no.5 fret ke 3.

Chord gitar C mayor


4. Chord gitar Dm (Minor)

Cara memegang kunci dasar gitar Dm yaitu dengan posisi jari telunjuk menekan senar gitar no.1 fret ke 1, jari tengah senar no.3 fret ke 2 dan jari manis menekan senar gitar no.2 fret ke 3.

Chord Dm (D minor)


5. Chord gitar E (mayor)

Chord gitar E mayor dibentuk dengan menekan senar gitar no. 3 fret ke 1 oleh jari telunjuk, jari tengah pada senar gitar no.5 fret ke 2, dan jari manis pada senar no. 4 fret ke 2.

Chord gitar E mayor

6. Chord gitar Em (minor)

Cara memegang kunci dasar gitar Em hampir sama dengan memegang chord E mayor, hanya jari telunjuk  dilepaskan dari senar gitar no. 3 fret ke 1, sehingga seperti tampak pada gambar dibawah ini:

Chord gitar Em (E minor)


7. Chord gitar F (mayor)

Cara memegang kunci dasar gitar F adalah dengan menekan senar gitar no. 1 dan 2 fret ke 1 secara bersamaan oleh ujung telapak jari telunjuk, kemudian senar gitar no. 3 fret ke 2 oleh jari tengah, dan jari manis menekan senar gitar no. 4  fret ke 3.

Chord gitar F (F mayor)

8. Chord gitar G (Mayor)

Cara memegangnya adalah dengan menekan senar gitar no. 6 fret ke 3 menggunakan jari manis, senar gitar no. 5 fret ke 2 oleh jari tengah, dan jari kelingking menekan senar gitar no. 1 fret ke 3.

Chord gitar dasar G mayor


Demikian tadi bagaimana cara memegang 8 kunci gitar dasar yang bisa saya berikan. Dengan kunci gitar dasar diatas, semoga bisa menjadi modal pengetahuan yang cukup untuk memulai memainkan lagu untuk pemula. Wassalamm...

Sunday, May 5, 2019

Belajar Bermain Gitar Sendirian, Emang Bisa?? - Begini Caranya

Pengen belajar main gitar tapi malu atau gak punya temen yang jago main gitar..?? "Bisa gak yah belajar bermain gitar sendiri di rumah tanpa ada yang melatih?" Bisa banget dong.. "Caranya bagaimana..?" ikuti panduan dibawah ini agar sobat bisa belajar untuk menguasai cara bermain gitar secara sendiri tanpa perlu bimbingan teman/guru.

Cara belajar bermain gitar sendirian

Di zaman seperti sekarang ini apa yang tidak mungkin bisa dipelajari secara otodidak, termasuk belajar bermain gitar di rumah sendiri meski tanpa bantuan orang lain sekalipun. Dengan maraknya informasi yang bisa didapat dari internet, apa yang dibutuhkan seseorang untuk belajar bermain gitar jenis apapun pasti ada. Mulai dari belajar kunci dasar gitar, cara memegang kunci dasar gitar, posisi kunci gitar, bermain gitar dengan lagu untuk pemula, dan banyak lagi informasi lain yang bisa didapatkan dari internet.

Pada artikel ini saya akan coba bahas apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa belajar bermain gitar sendiri dirumah dengan cara-cara sebagai berikut:


1. Belajar kunci dasar gitar


Apa itu kunci dasar gitar?? Kunci dasar gitar adalah kunci gitar yang paling sering digunakan pada lagu atau aransemen musik. Kunci dasar gitar ini berupa chord gitar yang telah disederhanakan sehingga lebih mudah digunakan dan lebih mudah diingat.

Chord gitar apa saja yang termasuk kunci dasar gitar??

Beberapa kunci dasar gitar yang paling sering digunakan bisa sobat lihat pada gambar kunci dasar gitar di bawah ini:

Chord dasar gitar beserta gambarnya
Sumber: hidupsimple.com

Sepuluh gambar kunci dasar gitar di atas saja sudah cukup untuk bisa memainkan sebuah lagu untuk pemula. Gambar tersebut menunjukan posisi kunci gitar yang telah disederhanakan dari chord aslinya.


2. Cara memegang kunci dasar gitar


Jika sobat masih sangat awam dan belum tahu cara yang benar dalam memegang 10 kunci dasar gitar di atas, berikut adalah posisi tangan dan jari mana yang digunakan dalam memegang kunci dasar gitar secara benar:
  • Chord A (mayor), letakan dan tekan jari kelingking pada senar gitar kedua fret ke 2. Jari manis pada senar ketiga fret ke 2. Jari tengah pada senar keempat fret ke 2. Mulai petik gitar satu per satu hingga semua senar gitar berbunyi jelas
  • Chord Am (minor), letakan jari telunjuk pada senar 2 fret 1. Jari tengah pada senar 4 fret 2. Jari manis pada senar 3 fret ke 2
  • Chord B (mayor), letakan jari seperti posisi kunci dasar gitar A (mayor), kemudian geser sebanyak 2 fret. Lalu gunakan jari telunjuk untuk menekan senar gitar 5, 4, 3, 2 dan 1 pada fret ke 2. Posisi seperti ini disebut juga kunci gantung
  • Chord C (mayor), letakan jari telunjuk pada senar 2 fret ke 1. Jari tengah pada senar 4 fret ke 2. Jari manis pada senar ke 5 fret ke 3
  • Chord D (mayor), letakan jari telunjuk pada senar 3 fret ke 2. Jari tengah pada senar 1 fret ke 2. Jari manis pada senar 2 fret ke 3
  • Chord Dm (minor), letakan jari telunjuk pada senar 1 fret 1. Jari tengah pada senar 2 fret ke 3. Jari manis pada senar 2 fret ke 3
  • Chord E (mayor), letakan jari telunjuk pada senar ke 3 fret ke 1. Jari tengah pada senar ke 5 fret ke 2. Jari manis senar 4 fret ke 2
  • Chord Em (minor), lakukan seperti posisi chord E (mayor) kemudian angkat/lepaskan jari telunjuk, maka menjadi Chord Em
  • Chord F (mayor), letakan jari telunjuk pada senar gitar 1 dan 2 pada fret ke 1. Jari tengah pada senar 3 fret ke 2. Jari manis pada senar ke 4 fret ke 3
  • Chord G (mayor), letakan jari manis pada senar ke 6 fret ke 3. Jari tengah pada senar 5 fret ke 2. Dan jari kelingking pada senar ke 1 fret ke 3

Cobalah untuk berlatih dan mengingat kunci gitar dasar di atas satu per satu hingga hafal.



3. Bermain gitar dengan lagu untuk pemula


Setelah sobat mulai hafal dan cukup dengan 10 kunci dasar gitar yang sudah saya berikan tadi, langkah selanjutnya adalah dengan berlatih memindahkan posisi kunci gitar.

Kemampuan jari tangan dalam berpindah dari kunci satu ke kunci gitar yang lain adalah hal yang mutlak penting dalam memainkan gitar sendiri untuk bernyanyi dengan diiringi gitar.

Metode berlatih yang tepat agar lancar dalam memindahkan chord gitar yang tepat adalah dengan berlatih gitar menggunakan lagu untuk pemula. Karena lagu untuk pemula biasanya hanya menggunakan 2-4 kunci gitar dasar saja dalam satu lagu, sehingga  akan sangat membantu melatih kelenturan jari dalam memainkan gitar meskipun sobat belum hafal banyak chord gitar.

Jangan terlalu memaksakan dengan berlatih menggunakan lagu yang banyak chord gitarnya. Yang terpenting dari bermain gitar adalah kualitas suara yang jelas dan ketepatan dalam memindahkan chord gitar pada lagu.

Berikut ini daftar kunci gitar lagu untuk pemula yang bisa sobat pilih salah satu untuk berlatih gitar:


Belajar bermain gitar dengan kemauan yang datang dari diri sendiri biasanya akan memiliki kemampuan diatas rata-rata, hal ini dikarenakan belajar gitar secara otodidak tidak pernah merasa puas dan selalu mencari tantangan-tantangan baru agar bisa lebih jago dalam bermain gitar.

Itulah tadi sedikit penjelasan dan cara yang bisa saya berikan agar sobat bisa belajar bermain gitar sendiri di rumah tanpa harus mengikuti kursus/les gitar. Semoga bisa membantu..


Thursday, April 25, 2019

Belajar Tempo dalam Bermain Gitar Rhytem dan Melodi

Bagaimana menggunakan tempo dalam bermain gitar?

Tempo secara pengertian berarti ukuran kecepatan dalam birama lagu. Lalu apa yang membuat tempo ini memiliki peran penting dalam musik..? Mari kita bahas bagaimana cara belajar tempo dalam bermain gitar.


Tempo dan birama


Seperti telah diulas pada paragraf pertama bahwa tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu. Namun untuk pemahaman sebenarnya terkadang cukup sulit dimengerti, untuk itulah di sini saya akan coba jelaskan secara lebih jelas dan lengkap.

Apa yang dimaksud dengan birama?

Birama adalah suatu tanda yang menunjukan jumlah ketukan. Dalam partitur birama dipisahkan oleh garis birama. Tanda birama menunjukan jumlah ketukan yang ada pada birama. Contoh tanda birama yang sering dijumpai adalah 4/4, 3/4, dan 2/4

Maksud dari 4/4 ini bahwa dalam satu birama terdapat 4 not (jika dalam melodi) atau 4 ketukan (jika dalam perkusi). Tanda birama 3/4 berati 3 not dalam satu birama, 2/4 berarti 2 not dalam satu birama.

Untuk memahai cara menemukan birama yang ada pada lagu bisa dilihat pada contoh chord lagu Balonku dengan birama 4/4 berikut:

     C  . . . C . .
Balonku ada lima,
   G .  .  .  C . .
Rupa-rupa warnanya..
    F .    . . C . .
hijau kuning kelabu, 
 .    G .   .  . C
Merah muda dan biru..



Keterangan: 
  • Chord C berwarna hijau menunjukan ketukan ke-1 pada birama ke-1
  • Titik-titik berwarna hijau menunjukan ketukan ke-2, ke-3, dan ke-4 pada birama ke-1
  • Chord C berwarna biru menunjukan ketukan ke1- pada birama ke-2
  • Titik-titik berwarna biru menunjukan ketukan ke-2, ke-3, dan ke-4 pada birama ke-2
  • Chord G dan titik-titik berwarna merah menunjukan ketukan ke-1, 2, 3 dan 4 pada Birama ke-3
  • Dan seterusnya..

Setelah memahami apa itu birama, barulah kita bicara tentang tempo. Tempo inilah yang menunjukan lambat atau cepatnya ketukan yang ada pada birama.

Tempo dihitung dalam dalam satuan BPM (Beats Per Minute) dalam bahasa Indonesia banyaknya ketukan per menit. 


Macam-macam tempo


Ada banyak macam-macam tempo baik untuk lagu ataupun melodi. Dibawah ini macam-macam tempo mulai dari yang paling lambat hingga yang paling cepat:

  1. Largo, 40-60 (BPM)
  2. Larghetto, 60-66 (BPM)
  3. Adagio, 66-76 (BPM)
  4. Andante, 76-108 (BPM)
  5. Moderato, 108-120 (BPM)
  6. Allegro, 120-168 (BPM)
  7. Presto, 168-200 (BPM)
  8. Prestissimo, 200-208 (BPM)

Tempo di atas merupakan tempo yang paling sering digunakan, padahal masih banyak yang tidak dilampirkan. Ini hanya sekedar tambahan wawasan saja, jadi tidak perlu terlalu jauh dibahas lagi mengenai macam-macam tempo. Yang penting untuk yang di atas saja sudah cukup mewakili semua macam tempo.


Tanda pada tempo


Tanda ini terdapat pada partitur lagu atau melodi, biasanya bertuliskan nama tempo yang digunakan dan terletak pada bagian kiri atas pada partitur.

Belajar tempo untuk bermain gitar


Atau pada Tab gitar biasanya langsung menampilkan BPM-nya pada bagian kiri atas juga.

Baca: cara membaca tab gitar


Matronome


Ada suatu alat yang khusus digunakan untuk menerapkan tempo, alat ini bernama metronome. Sebelum era digital seperti sekarang ini metronome merupakan sebuah alat sederhana yang digunakan untuk menunjukan ketukan berdasarkan tempo yang diinginkan.

Metronome klasik
Metronome klasik

Namun kini metronome bisa didapat dengan mudah berupa aplikasi android dan bisa banyak ditemukan di Google playstore.

Cara penggunaanya sangat mudah, tinggal setting BPM yang diinginkan lalu jalankan atau mulai untuk mendapat ketukan berbunyi "Cling.. tak.. tak.. tak.. Cling.. tak.. tak.. tak.. ".


  • Bunyi "Cling.. " menandakan ketukan pertama dari 4 ketukan
  • Bunyi "tak.. tak.. tak.." menandakan ketukan ke-2, 3, dan 4
  • Bunyi "Cling.. tak.. tak.. tak.. " menggunakan birama 4/4
  • Birama 3/4 = "Cling.. tak.. tak.. Cling.. tak.. tak.. "
  • Birama 2/4 = "Cling.. tak.. Cling.. tak.. "



Bermain gitar rhytem dengan tempo


Sampai disini saya rasa sudah cukup jela tentang memahami tempo pada lagu, jadi sobat tinggal mendowload aplikasi metronome kemudian mulai mempraktekannya dengan sebuah lagu dan bermain gitar menggunakan chord gitar Rhytem (iringan).

Tempo yang lambat bisa digunakan untuk berlatih dan melancarkan perpindahan chord gitar pada lagu bagi yang masih belajar gitar. Kemudian sedikit-sedikit tempo mulai dinaikan hingga lancar dan sesuai dengan tempo asli pada lagu.


Bermain gitar melodi dengan tempo


Dalam bermain gitar melodi latihan menggunakan metronome akan sangat terbukti membantu dalam bermain gitar cepat. Memainkan melodi cepat seperti gitaris terkenal yang memiliki tingkat kesulitan yang luar biasa, akan bisa di atasi dengan berlatih menggunakan metronome.

Baca juga: Bermain gitar melodi

Berlatih melodi dengan tempo yang dilambatkan terlebih dahulu bisa melatih memori pergerakan jari dan petikan pick gitar. Sehingga pergerakan tangan akan lebih konstan dalam memainkan melodi meski dengan tempo yang sangat cepat seperti melodi gitar Fantaisie imprompto (Frederic Chopin).

Itulah tadi yang bisa saya jelaskan tentang belajar Tempo dalam bermain gitar semoga memberi tambahan wawasan sobat pembaca.. wassalam..


Wednesday, December 26, 2018

Chord Gitar 'JANJI' Virzha - Kunci Nada Dasar C

Berikut adalah chord gitar dari lagu JANJI - VIRZHA dengan chord gitar dasar C pada bagian Reff.

chord gitar JANJI by: Virzha


Intro: G
G
Senyuman yang bisa menghiasi hati
Em
Adalah senyumanmu yang selalu kau beri
C
Belaian mesra yang selalu kau cipta
   D              D7
Membekas si relungku

  G
Diantara ribuan mimpi-mimpiku
 Em
Namamu terukir jelas dihatiku
  C
Selimuti semua sisi gelapku
    D        D7
Dirimu oh dirimu

Reff:
      C        B  Em D
Kau sosok yang ku mau
       C   B        Em D
Memelukmu akupun mampu
        Am
Menangislah kau dihadapanku
    C
Mengadulah kepadaku
   Em         D       C
Berjanjiku setia untukmu

Int: G - D
 G
Sementara kita terpisah oleh waktu
   Em
Ku berharap suatu saat kita bertemu
  C
Masihkah ada ruang kosong di hatimu
     D                   D7
Untukku yang selalu merindu

Reff:
      C        B  Em D
Kau sosok yang ku mau
       C   B        Em D
Memelukmu akupun mampu
        Am
Menangislah kau dihadapanku
    C
Mengadulah kepadaku
   Em         D       C
Berjanjiku setia untukmu

C B Em  D      C
...  Terdengar lirih bisikan hati
G        D
Untukku bisa memiliki
Em        C
Beriku waktu
      Am             D
Agar dapat meyakinkanmu

Int: C-B-Em-D
     C-B-Em-D
      Am
Menagislah kau dihadapanku
   C
Mengadulah kepadaku
   Em       D       C  D
Berjajiku setia untukmu

Reff:
      C        B  Em D
Kau sosok yang ku mau
       C   B        Em D
Memelukmu akupun mampu
        Am
Menangislah kau dihadapanku
    C
Mengadulah kepadaku
   Em         D       C
Berjanjiku setia untukmu

~selesai~





Wednesday, December 5, 2018

Senar Gitar Terasa Keras?? Begini Solusinya - Membuat Gitar Menjadi Empuk Enak Dimainkan

Ingin membuat gitar menjadi empuk..? Begini solusinya..

Cara yang akan saya berikan ini 100% memberikan solusi merubah senar gitar yang terasa keras menjadi empuk, pas banget buat sobat yang suka bermain melodi gitar cepat, atau bermain fingerstyle yang memerlukan gitar dengan neck gitar yang empuk.

Berikut faktor yang membuat gitar sobat terasa keras dimainkan:

Penyebab gitar terasa keras dimainkan

  1. Jarak antara senar gitar dengan fret terlalu jauh, jarak ideal dari senar gitar dengan fret gitar untuk melodi adalah < 2mm. Dengan jarak ini, perpindahan jari tangan antara satu senar ke senar yang lainnya akan lebih mudah, karena beban penekanan jari pada senar gitar dan fret gitar terasa ringan. Begitu juga dengan permainan gitar fingerstyle yang lebih mengutamakan kekuatan jari dalam pembentukan chord gitar serta kerumitan tempo permainan, dengan jarak yang ideal ini membuat permainan gitar menjadi lancar.
  2. Neck gitar yang bengkok, dengan bentuk neck gitar yang seperti ini (bisa disebabkan karena bahan kayu berkualitas jelek) karena beban dari tarikan senar yang begitu kuat membuat batang neck gitar tertarik melengkung ke depan. Hal ini tentu saja bisa menimbulkan masalah seperti pada poin pertama (jarak senar gitar terlalu jauh dari fret gitar).
  3. Body gitar menggelembung (gitar akustik), Jika bagian body gitar pada dasar bridge gitar telah mennggelembung, maka bridge (tempat memasukan senar gitar) akan terangkat ke atas, meskipun neck gitar dalam kondisi yang baik (tidak bengkok) tetap saja jika bridge naik, maka senar gitarpun akan terlalu atas dan jaraknya menjadi jauh dari senar gitar. Hal ini juga tentu saja membuat senar gitar menjadi terasa keras.
  4. Salah menyusun senar gitar, hal ini sering terjadi pada pengguna gitar yang masih awam. menyusun senar gitar menggunakan senar gitar yang dibeli dengan unit satuan harus menyusun dengan urutan 112345. Maksudnya, untuk pemasangan senar secara berurutan dari bawah menggunakan senar gitar 1 untuk posisi senar 1 dan 2, senar 2 untuk posisi senar gitar 3, dan seterusnya. Berarti senar gitar no.6 tidak digunakan, kecuali jika senar gitar yang dibeli dalam jumlah satu set.
Karena judul dari artikel ini adalah solusi membuat gitar menjadi empuk, maka berikut ini adalah cara yang bisa sobat lakukan yang bisa dilakukan untuk membuat gitar yang tadi nya keras menjadi empuk dan enak dimankan buat melodi ataupun genjrengan.

Cara membuat gitar menjadi empuk


Berdasarkan dari ke 3 faktor penyebab gitar yang di atas, kesimpulannya adalah jika jarak antara senar gitar dengan fret gitar terlalu jauh, maka gitar akan mejadi terlalu keras untuk dimainkan dan bisa membuat jari tangan terasa sakit. Maka yang harus kita lakukan adalah membuat jaraknya menjadi lebih dekat.

Maka kita bisa memberikan sedikit modifikasi dengan cara berikut:
  • Memendekan nut gitar seminimal mungkin, dengan cara mengikis (bisa dengan amplas/kikir/gerinda). Cara ini digunakan untuk faktor penyebab gitar keras poin 1 dan 2.
Nut gitar dari tulang
Nut adalah bantalan senar gitar
  • Mengepres body dengan baut panjang, caranya adalah melubangi body gitar pada samping bridge ( bagian triplex) tembuskan hingga bagian bawah body. kemudian memasangkan baut yang panjang dari bagian atas menembus ke bagian bawah body gitar, lalu dikencangkan hingga mendapatkan jarak senar gitar dengan fret gitar yang ideal.
  • Meyetel Bridge gitar hingga maksimal, (untuk gitar listrik) Cara ini sangat mudah karena hanya dengan menyetel menggunakan kunci L 0,3 mm, Hanya saja pastikan jarak senarnya jangan terlalu dekat, karena nanti senar gitar menjadi cember karena berbenturan dengan fret gitar.
  • Membawa ke tukang servis gitar, Ini adalah cara paling mudah namun memerlukan biaya.. dari pada gitar sobat jadi rusak, lebih baik bawa aja ke ahlinya.. hehe,..  
Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini tentang bagaimana cara membuat gitar menjadi empuk agar enak dimainkan buat melodi dan gitar genjrengan... semoga bermanfaat