Thursday, March 22, 2018

Bagian Pada Gitar Akustik | Lengkap Dengan Fungsinya


Mengenal Bagian - Bagian Pada Gitar Akustik


  Gitar akustik adalah salah satu jenis gitar yang suaranya dihasilkan dari getaran senar gitar yang dikencangkan antara sadel gitar dan jembatan pengikat senar gitar melalui lubang suara pada badan gitar.

  Sebagai pengguna gitar ada baiknya sobat mengenal nama-nama bagian pada gitar akustik selain dapat menambah wawasan sobat, dengan mengenal nama-nama bagian pada gitar akustik ini sobat juga bisa dengan mudah mencari informasi tentang bagian pada gitar yang ingin sobat beli atau perbaiki, atau mungkin hal lainnya.


Bagian Pada Gitar Akustik Dan Fungsinya


  Berikut ini adalah nama-nama bagian pada gitar akustik lengkap beserta fungsinya.

Bagian pada gitar akustik antara lain adalah:


Body Gitar


  Body gitar atau badan gitar dalam istilah lain juga di sebut sebagai Sound board.

  Sesuai dengan namanya sound board, body gitar yang merupakan bagian terbesar pada gitar memiliki fungsi sebagai bagian gitar yang menghasilkan suara.

  Suara pada body gitar ini dihasilkan dari getaran senar gitar yang masuk melalui lubang suara/sound hole dan bergema pada bagian dalam body gitar sehingga suara yang di hasilkan nyaring.



Body gitar
Body Gitar

  Dengan adanya bagian body gitar, pengguna gitar dapat menggunakan gitarnya secara langsung tanpa mixing apapun, karena suaranya cukup keras untuk mengiringi nyanyian ataupun bermain solo gitar.



Neck Gitar/Fretboard


  Bagian pada gitar yang berikutnya adalah Neck/Fretboard gitar, neck gitar berarti leher gitar atau dalam kata lain stang gitar.

  Pada bagian Neck ini terdapat logam yang berjajar sebagai penentu not/nada gitar yang disebut dengan fret.

  Fungsi utama dari neck gitar adalah sebagai penghasil not/nada sehingga perpaduan dari nada yang selaras dan harmonis maka terciptalah cord gitar dan melodi yang indah.



Neck gitar
Neck gitar

  Untuk membuat Neck/Fretboard yang baik, pengrajin gitar biasanya memilih bahan kayu terbaik seperti kayu maple, maghoni, dan kayu kelas lainnya. Tujuannya agar Neck gitar kuat, ringan, serta tidak akan berubah bentuk (melengkung) sehingga gitar yang digunakan masih enak digunakan meski sudah lama digunakan.



Fret Gitar


  Fret gitar adalah salah satu bagian dari gitar akustik yang sangat penting  dimana pengrajin gitar diharuskan agar lebih mengutamakan ketelitian dalam memasang fret gitar.

  Sedikit kesalahan saja dalam memasang fret gitar akan membuat nada yang di hasilkan dari gitar menjadi tidak pas/fals/gak ngeTune.

  Fret gitar atau grip gitar memiliki aturan yang tidak bisa di rubah dalam penempatannya. Jarak antara satu Fret gitar dengan lainnya bernilai setengah nada.



Fret gitar
Fret gitar

  Sebagai ilustrasi, misalkan untuk senar gitar no.6 nada yang dihasilkan adalah nada E, maka fret berikutnya atau fret pertama nada yang dihasilkan haruslah nada F, dan fret berikutnya atau fret gitar yang kedua nada yang dihasilkan haruslah nada F# (fis) atau dalam istilah kerennya F sharp, dan fret seterusnya harus bernilai setengah nada.

    Maka susunan dari fret gitar secara berurutan jika di mulai dari nada E adalah:

E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D# - E '...dan seterusnya.

  Jarak atau nilai dari satu nada dengan nada yang lainnya disebut dengan Interval.

Sebagai contoh:

nada F - nada G >> nilainya adalah 1 interval, kenapa 1 interval?
Setelah nada F adalah nada F# lalu nada G, maka nilai dari nada F ke nada G adalah 1 interval, sedangkan nilai interval dari nada F ke nada F# adalah setengah interval.

   Jarak/nilai antar nada E ke nada E lainnya baik yang lebih tinggi ataupun yang lebih rendah dinamakan Oktaf.

  Jadi jelas Fret gitar adalah bagian pada gitar akustik yang paling penting dan memiliki aturan tersendiri, jadi jika sobat ingin membeli sebuah gitar maka cobalah terlebih dahulu apakah nada yang dihasilkan dari setiap fret gitar itu pas atau tidak, caranya dengan menekan fret dan memetikan senar gitar satu persatu.



Head Gitar


  Head gitar terletak pada bagian atas gitar akustik,selain menambah penampilan menjadi lebih menarik, head gitar juga memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan bagian pada gitar akustik lainnya.



Head gitar
Head gitar

  Fungsi dari head gitar pada bagian gitar akustik adalah sebagai pengikat senar gitar dimana senar yang diikatkan dapat di atur pada bagian pengencang gitar atau dinamakan tuner gitar.

  Head gitar yang terdapat pada bagian atas gitar memiliki berbagai macam model tergantung dari merek gitar akustik masing-masing.

   Gitar akustik klasik memiliki head gitar dengan tiga buah tuner pada bagian atas dan tiga buah tuner pada bagian bawah head gitar.



Tuner Gitar


  Tuner gitar berarti bagian pada gitar akustik yang berfungsi sebagai pengatur pengatur tune/nada pada gitar.

  Tuner gitar digunakan dengan cara memutar pegangan tuner gitar yang memiliki roda gigi yang terhubung pada pengunci senar gitar sehingga setelah diputar maka senar gitar menjadi kencang dan menghasilkan suara yang dapat di atur tinggi rendahnya nada gitar.



Tuner gitar
Tuner gitar

  Sekedar tips agar tuner gitar awet serta ringan, sebaiknya sobat memberikan pelumas berupa stemplet atau minyak pelumas kepada bagian roda gigi.


String Gitar/Senar Gitar


  Ada dua jenis senar gitar yang digunakan pada gitar akustik, antara lain:

  • Senar gitar kawat baja stainless steel.
  • Senar gitar nilon


Senar Gitar Kawat Baja Stainless Steel


  Senar gitar dengan kualitas yang baik sangat mempengaruhi pada suara gitar itu sendiri.

  Biasanya senar gitar kawat baja stainless steel digunakan untuk gitar akustik sebagai pengiring nyanyian karena suara yang di hasilkan dari senar gitar yang satu ini menghasilkan suara yang lebih keras dan bisa mengimbangi suara vokal dari penyanyi.

  Bahkan ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa ada jenis senar gitar yang menggunakan kawat besi titanium, tentu saja harganya relatif lebih mahal.

  Senar gitar ini juga bisa digunakan untuk permainan gitar melodi yang dalam beberapa teknik gitar melodi hanya bisa digunakan pada senar gitar dari kawat baja stainless steel, seperti teknik gitar melodi "Bending" yang mana teknik gitar bending tidak bisa di lakukan pada senar gitar nilon.
   Untuk senar gitar no.1, no.2, dan no.3, senar gitar kawat baja stainless steel tidak terdapat lilitan kawat halus karena tingkat ketengangan senar no.1, 2 dan 3 cenderung lebih kencang jika dibandingkan dengan senar gitar no.4, 5 dan 6.



Senar Gitar Nilon


  Senar gitar nilon memiliki gaya khas serta suara yang dihasilkan lebih lembut jika di bandingkan dengan senar gitar kawat baja stainless.

  Umumnya pengguna senar gitar nilon adalah para gitaris klasik, atau pemain gitar petik.

  Seperti namanya, senar gitar nilon terbuat dari bahan nilon dengan kualitas terbaik, karena bahan nilon ini harus memiliki daya tahan yang kuat saat senar gitar dikencangkan dan menghasilkan nada tinggi pada senar gitar.



Nut Gitar


  Nut gitar adalah pembatas antara tune gitar dengan fret gitar. Fungsinya sebagai pemisah antara senar gitar yang satu dengan senar gitar yang lainnya juga sebagai awal dari nada.

  Karena merupakan awal dari nada, maka nut gitar pada bagian gitar akustik juga bisa dikatakan sebagai fret ke nol, karena sudah termasuk awal nada.



Nut gitar
Nut gitar

  Pada nut gitar inilah senar gitar no.1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dikatakan sebagai nada E', B, G, D, A, dan E.


  Nut gitar pada gitar akustik umumnya terbuat dari bahan plastik, graphit, teflon, bahkan ada juga yang terbuat dari tulang, tanduk, dan gading.


  Tentu saja masing-masing bahan memiliki kualitas suara yang berbeda-beda, yang terbaik adalah nut gitar yang menggunakan bahan gading.



Markers Gitar


  Salah satu bagian dari gitar akustik adalah Markers gitar, markers gitar terletak pada bagian neck gitar diantara sebagian fret gitar.

  Pada gitar akustik klasik, Markers gitar terletak pada bagian pinggir atas  neck gitar sehingga menjadi tidak terlihat jika hanya dilihat dari bagian depan saja.



Markers gitar
Markers gitar

  Jumlah markers gitar pada bagian gitar akustik untuk fret gitar yang berjumlah 21 fret gitar adalah 10 buah, terletak pada fret gitar ke 3, 5, 7, 9, 12, 14, 16, 18 dan 20.

  Khusus pada fret gitar ke 12 dan 24 (untuk gitar akustik 24 fret gitar) markers gitarnya berupa 2 titik seperti tanda " : ".


  Jadi fungsi dari markers gitar adalah sebagai penghitung dari urutan fret gitar tanpa harus menghitung secara satu persatu dari awal fret gitar.


  Dengan adanya markers gitar ini memainkan melodi gitar/ kord gitar kita bisa tau fret gitar mana yang digunakan tanpa harus menghitung fret dari awal.



Soundhole Gitar


  Soundhole (Sound Hole), berarti lubang suara. 

  Lubang yang terdapat pada bagian body gitar ada yang hanya berbentuk lingkaran, ada juga yang berbentuk macam-macam variasi, tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu mengirimkan getaran dari senar gitar kedalam bodi gitar hingga terjadi resonansi pada bagian dalam gitar, dan tentu saja suara yang dihasilkan jadi lebih nyaring.


Soundhole gitar
Soundhole gitar

  Jadi jika pada gitar listrik, soundhole ini adalah pengganti spull magnet yang menangkap suara dengan menggunakan listrik.



Bridge Gitar


  Bridge gitar terletak pada bagian body gitar, terdapat 6 lubang tempat masuknya senar gitar yang kemudian terhubung melalui nut gitar.



Bridge gitar
Bridge gitar

  Fungsi dari bridge gitar adalah sebagai pengikat awal senar gitar pada bagian body gitar.
  Pada bridge gitar juga terdapat nut gitar, namun berbeda dengan nut gitar pada head gitar, nut gitar pada bridge gitar lebih tipis karena senar gitar telah terpisahkan oleh lubang-lubang pada bridge gitar.



Pickguard Gitar


  Dan yang terakhir dari bagian-bagian gitar akustik adalah Pickguard gitar.


  Pickguard terletak pada bagian bawah dari soundhole. 


  Biasanya Pickguard gitar terbuat dari bahan plastik fiber yang direkatkan pada bagian body gitar.



Pickguard gitar
Pickguard gitar

  Fungsi dari pickguard gitar adalah sebagai bantalan body gitar sehingga permukaan body gitar tidak mudah luntur/lecet akibat gesekan dari tangan saat memainkan gitar.

  Demikian tadi pembahasan dari mengenal bagian-bagian pada gitar akustik, semoga bisa menambah wawasan sobat pembaca..^_^









































Sumber ilustrasi gambar by:
creativecommons.org