Monday, March 26, 2018

Belajar Bermain Gitar Melodi | Tab Gitar, Scale Gitar, Improvisasi,Warming Up,Teknik Gitar Melodi

Belajar Teknik gitar melodi
Belajar gitar melodi

Belajar gitar melodi  menjadi langkah selanjutnya dalam bermain gitar, jika sobat gitar mania tertarik untuk belajar gitar melodi maka sobat berada pada artikel yang tepat.

Ada beberapa istilah yang perlu sobat ketahui dalam belajar gitar melodi, antara lain:




TAB GITAR


Asal kata tab gitar adalah tablature atau dalam kata lain tabulasi yang artinya salah satu media yang menggambarakan cara memainkan sebuah cord gitar atau melodi gitar.

Media tab gitar inilah yang sangat di anjurkan dalam belajar gitar melodi, karena metodenya terbilang mudah bahkan untuk newby sekalipun.

Tab gitar merupakan gambar ilustrasi neck gitar lengkap dengan deretan angka yang mewakili fret gitar yang akan dimainkan, bahkan untuk sebagian pembuat tablature, teknik melodi yang di gunakan juga terdapat disana.


Tab gitar melodi
Tab gitar melodi

Baca: cara membaca tab gitar



SCALE GITAR


Scale/skala dalam bermain gitar melodi juga merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting dari hal yang harus di kuasai dalam belajar gitar melodi.

Dengan menguasai scale pada gitar melodi, sobat bisa melakukan improvisasi sesuai dengan keinginan sobat tanpa keluar dari tuning pada melodi yang dimainkan.

Di bawah ini adalah sedikit penjelasan tentang scale pada belajar gitar melodi.

Scale gitar adalah susunan atau rangkaian not pada gitar yang selaras.

Sebenarnya di dunia perGitaran ini banyak sekali jumlah dari scale gitar, bisa ratusan bahkan hingga ribuan scale dalam gitar melodi.

 Namun buat sobat gitar yang belum tau scale gitar apa saja yang banyak di gunakan para pemain gitar,  ini adalah beberapa macam scale gitar yang bisa di rekomendasikan buat sobat, di antaranya;



  1. Pentatonic Minor
  2. Major Scale
  3. Minor Scale
  4. Chromatic Scale
  5. Harmonic Minor
  6. Whole Tune


  • Pentatonic Minor



Pentatonic minor memiliki lima nada dasar, sebagai contoh kita menggunakan A - C - D - E- G dan seterusnya, maka scale gitar ini disebut scale gitar A minor, kita juga bisa menerapkan nya pada nada lain dengan rumus jarak interval
1 1/2  -  1  -  1  -  1 1/2  - dan seterusnya.

Scale pentatonic minor biasa di gunakan dalam permainan gitar melodi jenis blues.



  • Major Scale



Major scale ini paling sering kita jumpai dalam hampir pada setiap lagu, dengan istilah lain adalah tangga nada diatonis atau lebih akrab dengan istilah solmisasi yaitu C - D - E - F - G -A - B - C' - dan seterusnya, atau dalam istilah tangga nada lainnya adalah Do Re Mi Fa Sol La Si Do.

Rumus jarak interval pada major scale adalah 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - dan 1/2 untuk oktave berikutnya.


  • Minor Scale


Agar Minor Scale mudah dipahami, gunakan Major Scale sebagai patokan.

Jika Pada Major Scale Nada pertama yang di gunakan adalah nada C, maka gunakan nada A sebagai awal dari Minor scale.

Pola ini lah yang nantinya akan kita gunakan sebagai rumus jarak interval pada Scale minor.

Biar sobat lebih mengerti, ini adalah contoh Scala minor pada nada A:

A - B - C - D - E - F - G - dan seterusnya.

Rumus jarak intervalnya:

1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1 - dan seterusnya.


  • Chromatic Scale


Scale gitar yang satu ini merupakan scale gitar yang paling mudah, setiap jarak intervalnya hanya memiliki nilai 1/2 interval nada.

Terutama pada alat musik gitar setiap fret gitar memiliki nilai  interval 1/2 nada juga, sehingga fret gitar yang digunakan tidak perlu meloncati fret gitar yang lainnya, dan jaraknya mudah dijangkau oleh jari.

Contoh melodi yang menggunakan Chromatic scale adalah "Flying Bumble Bee" hasil karya Composser besar 'Frederic Chopin', pernah dimainkan juga oleh gitaris besar dari Dream Theater 'John Petrucci'.


  • Harmonic Minor Scale


Harmonic Minor scale merupakan tingkat lanjut dari Minor scale yang di buat agar nada minor menjadi lebih indah.

 Berikut adalah contoh Harmonic minor scale pada nada A.

A - B - C - D - E - F - G# - A' - dan seterusnya.

Maka rumus jarak intervalnya adalah:
1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1 1/2 - dan seterusnya.

  • Whole Tune Scale


Susunan nada pada Whole tone scale  pada nada dasar A adalah sebagai berikut:

A - B - C# - D# - F - G dan seterusnya pada oktave berikutnya.

Maka rumus jarak interval dari whole tune scale adalah:

1 - 1 - 1 - 1 - 1 - dan seterusnya.

Genre gitar melodi yang menggunakan Scale gitar ini seperti Jazz dan Fusion.



IMPROVISASI


Improvisasi adalah suatu kegiatan menambah atau mengurangi variasi pada nada gitar melodi dengan mengikuti jalur yang di  sudah di tetapkan yang di sebut dengan scale seperti barusan kita bahas.

Fungsi utama dari improvisasi gitar melodi adalah untuk memperindah melodi. Terkadang terlalu banyaknya improvisasi pada melodi justru membuat melodi gitar menjadi kurang enak didengar, jadi sebaiknya menggunakan improvisasi melody dengan sewajarnya saja.



WARMING UP FINGER


Warming up finger atau sering disebut senam jari sangat di anjurkan untuk newby, fungsinya adalah melatih otot serta kelenturan jari kita saat memainkan gitar melodi, terutama untuk meningkatkan speed dari permainan jari kita pada gitar melodi.

Untuk warming up finger itu sendiri bisa menggunakan scale gitar atau dengan beberapa tab berikut ini.



TEKNIK GITAR MELODI


Dalam belajar bermain melodi ada beberapa teknik gitar melodi yang wajib diketahui sobat gitar mania, teknik gitar melodi itu antara lain:


  1. Natural Bending
  2. Release Bending
  3. Unision Bending
  1. Slide Up
  2. Slide Down
  1. Hammer-On
  2. Pull-Off
  3. Legato
  1. Natural Pinching
  2. Harmonic Pinching

Sebenernya sih masih banyak teknik gitar melodi yang lainnya, namun segitu aja cukup kok buat langkah awal belajar gitar melodi.

Baik kita bahas singkat saja untuk teknik gitar melodi di atas satu persatu.



  • Bending


Teknik gitar Bending gerakan menaikan nada dengan cara mengangkat senar gitar hingga didapat nada yang di inginkan. 

Teknik bending di bagi dalam 3 bagian, antara lain:

  1. Natural Bending, cara memainkannya adalah dengan menaikan nada dengan cara mengangkat senar gitar ke arah atas atau bawah hingga di dapat kan nada yang diinginkan.
  2. Release Bending, cara memainkannya sama dengan cara natural bending, namun senar gitar di kembalikan ke nada awal kemudian memetikannya lagi.
  3. Unision Bending, teknik bending yang hasil nada dari bending adalah sama dengan nada pada senar gitar di bawahnya, dan memetikan kedua senar gitar secara bersamaan.


  • Slide


Tujuan dari teknik ini adalah menaikan atau menurunkan nada dengan cara menggeser senar gitar hingga didapat nada yang diinginkan.

Teknik gitar melodi ' Slide/Sliding' dibagi dalam dua bagian, antara lain:

  1. Slide Up, cara memainkannya adalah dengan menggeser senar gitar ke fret berikutnya hingga di dapat nada yang di inginkan.
  2. Slide Down, sebaliknya dari slide up, yaitu menggeserkan senar gitar hingga didapat nada yang lebih rendah sesuai nada yang diinginkan.


  • Ascending


Adalah Pergerakan memainkan nada dari nada yang rendah ke nada yang lebih tinggi, contohnya pada teknik bending dan slide up.

  • Descending


Sebaliknya dari ascending, yaitu pergerakan memainkan nada dari nada yang tinggi ke nada yang lebih rendah, contohnya pada teknik slide down.

  • Slur


Teknik gitar melodi slur ini ada tiga macam, antara lain:

  1. Hammer On, cara memainkannya adalah dengan mengetukkan senar gitar dengan nada yang lebih tinggi tanpa harus memetik senar.
  2. Full Off, cara memainkannya adalah dengan mengetukan senar gitar dengan nada yang lebih tinggi kemudian mengcongkelnya tanpa memetik senar sebelumnya.
  3. Legato, dalam istilah lain di sebut juga Trill, yaitu perpaduan antara hammer on dan full on namun di lakukan berulang-ulang dan dalam tempo yang cepat.


  • Sweep Picking


Sweep picking atau Sweeping adalah gerakan menyapu sebagian atau seluruh senar gitar dengan gerakan ke atas atau ke bawah dengan menggunakan pick gitar.

  • Arpeggio


Teknik memecah chord menjadi nada dan dilakukan dengan teknik sweep picking.




  • Tapping



Pada dasarnya adalah seperti teknik legato/thrill, namu cara memainkannya adalah dengan melakukan ketukan pada senar gitar oleh jari tangan kanan.

Nada thrill yang dihasilkan bisa lebih dari 2 nada, tempo yang digunakan juga relatif cepat.

  • Pinching


Pinching adalah suatu teknik gitar melodi yang mengubah nada awal menuju oktaf nada yang lebih tinggi.

Ada dua macam teknik pinching, antara lain:


  1. Natural Pinching, teknik pinching yang dilakukan dengan cara memetikan senar gitar dengan pick hingga senar gitar membentur pinggir dari ibu jari yang memegan pick, hingga dihasilkan nada yang lebih tinggi. Biasanya para pemain gitar profesional menggabungkan tecknik natural pinching dengan ascending atau descending dengan menggunakan handle pada bagian thromol gitar listrik hingga suara yang dihasilkan menjadi menjerit atau melengking
  2. Harmonic Pinching, dilakukan dengan memetikan senar gitar yang sebelumnya senar gitar pada neck gitar diberikan sedikit sentuhan hingga timbul nada yang harmonic, sebenarnya nada harmonic ini dihasilkan dari resonansi getaran senar gitar yang tersentuh tadi.



  • Pentatonic


Pentatonic adalah teknik gitar dengam menggunakan scale tangga nada, baik secara berurutan maupun ada yang dilakukan berulang pada sebagian scale tangga nada.

Untuk pentatonic yang dilakukan secara berurutan hingga beberapa octave dan dilakukan dalam tempo yang cepat bisa dikatakan sebagai speed picking.

  • Palm Mute


Palm Mute adalah teknik gitar yang dilakukan dengan cara menekan sebagian atau seluruh senar gitar pada bagian thromol/bridge gitar hingga suaranya tidak keluar sepenuhnya.

  • Barre


Teknik gitar yang menggunakan satu jari sebagai penekan beberapa senar gitar.

  • String Skipping


Teknik gitar pada pentatonic dan arpeggio dimana ada satu atau lebih senar gitar yang di lewati.

  • Alternate picking


Adalah gerakan memetik gitar menggunakan pick dari atas ke bawah dan ke atas lagi secara terus menerus dengan tempo yang sama.

  • Tremolo Picking


Seperti halnya legato/thrill namun menggunakan alternate picking agar suaranya tetap stabil.



  • Vibrato



Vibrato adalah teknik gitar yang memberikan variasi pitch nada dengan cara menggetarkan atau menggoyangkan senar gitar secara konstan.

 Berhubung sudah panjang Sekaliii, demikian artikel tentang belajar #gitar melodi kali ini, semoga bermanfaat..salam gitar lovers.. ^_^


EmoticonEmoticon