Monday, April 2, 2018

Bagian-Bagian Pada Gitar Listrik

Mengenal bagian-bagian pada gitar listrik disamping bisa menambah wawasan, juga dapat memudahkan pengguna gitar listrik dalam mengganti atau menambah bagian pada gitar listrik.

Di bawah ini bagian-bagian pada gitar listrik yang akan dijabarkan selengkap mungkin.

Bagian pada gitar listrik antara lain:



Body



Bagian pada body gitar listrik
Bagian pada body gitar listrik



Body ini merupakan bagian terbesar pada gitar listrik, pada body gitar terdapat bagian-bagian lainnya. Berikut bagian gitar yang terdapat pada body gitar:

Pickguard


Selain sebagai bantalan telapak tangan kanan pada saat memetik gitar, pickguard juga berfungsi sebagai penghias yang memberikan kesan elegan pada tampilan gitar listrik. Biasanya design pickguard pada gitar listrik berbeda-beda tergantung merek gitar masing-masing.

Bridge


Ada dua macan Bridge pada gitar listrik, updown dan down tremolo Keduanya berfungsi dalam penggunaan teknik gitar melodi ascending dan descending dengan menggunakan handle pada tremolo bridge.

Tremolo updown bisa digunakan pada kedua teknik gitar tersebut, namun pada down tremolo hanya bisa digunakan untuk descending saja.

Teknik gitar melodi vibrato juga bisa dilakukan dengan kedua handle trimolo ini.

Neck Pickup


Element yang terdiri dari magnet dan lilitan kawat tembaga, berfungsi sebagai penangkap getaran suara dari string.
Pickup ini terletak pada bagian terdekat dengan neck gitar.

Middle Pickup


Memiliki fungsi yang sama dengan neck pickup, namun untuk jenis gitar listrik seperti fender stratocaster yang memiliki 3 buah pickup, middle pickup terletak pada bagian tengah diantara pickup yang lainnya.

Bridge Pickup


Untuk pickup yang satu ini sebagaimana namanya, bridge pickup terletak berdekatan dengan bridge gitar.

Input Jack


Bagian pada gitar listrik yang berfungsi sebagai socket penghubung dari gitar listrik dengan amplifier/cube.

Sadles


Seperti halnya nut gitar yang berfungsi sebagai bantalan string hingga suara dari string menjadi jelas/clear. Sadles ini terletak pada bagian bridge gitar.

Strap Button


Strap button ini berupa pin yang terletak pada bagian pangkal body gitar berfungsi sebagai pengait sabuk gitar.

Pickup Selector Switch


Suara yang dihasilkan dari ketiga pickup diatas berbeda satu sama lainnya. Melalui pickup selector switch inilah sobat bisa memilih pickup mana yang di gunakan.

Untuk memilih neck pickup, geser swith ke bagian atas dari switch. Tengah untuk middle pickup, dan bawah untuk bridge pickup.

Untuk pengguna beberapa pickup secara bersamaan juga bisa di atur pada pickup selector switch.

Volume


Semacam potensio yang berfungsi sebagai pengatur besaran volume, lebih spesifiknya adalah pengatur besaran gain.

Tune


Seperti halnya volume, namun tune digunakan sebagai pengatur besaran trible atau bass.
 

Tremolo - Arm Of Vibrato


 Sebagaimana sudah dijelaskan pada  poin bridge, tremolo ini juga bisa di gunakan untuk teknik gitar melodi vibrato dengan menekan atau menarik handle pada tremolo.

Kembali ke atas ☝

Neck


Bagian-pada-neck-gitar-listrik
Neck gitar


Neck berasal dari bahasa Inggris berarti Leher, di bagian gitar inilah suara dari senar gitar dapat di rubah menjadi nada melodi atau chord.

 Beberapa bagian gitar listrik yang berada pada bagian neck gitar antara lain:

Fret


Fret gitar berfungsi sebagai penghasil nada atau not dengan cara menekan dan memetik string gitar pada bagian fret mana saja, menekan lebih dari satu string pada fret gitar menghasilkan chord.

Fingerboard


Jika menekan string gitar pada bagian fret gitar menghasilkan suara yang kurang jelas, maka pada bagian fingerboard inilah posisi jari sobat gitar harus di tekankan, yaitu diantara  dua fret.

6th String


String/senar gitar yang baik untuk digunakan pada gitar listrik adalah string yang mengandung magnet. Suara yang di hasilkan dari string ini suaranya lebih keluar.

Nut


Berfungsi sebagai bantalan string agar suara yang dihasilkan lebih clear.

Berbeda dengan nut gitar pada bagian gitar akustik, Nut pada gitar listrik memiliki pengunci dengan menggunakan baut L pada umumnya.

Penggunaan handle tremolo bisa mengakibatkan string menjadi kendor/berubah nada, maka dengan pengunci inilah string akan tetap pada posisi nada seharusnya.

Markers


Markers/tanda pada fingerboard berfungsi sebagai penghitung urutan fret gitar, sehingga pada saat memainkan melodi atau chord yang berada pada fret yang jauh, markers gitar bisa dijadikan patokan penghitung fret keberapa yang sesang dimainkan tanpa harus menghitung dari fret pertama secara satu persatu.

Kembali ke atas ☝

Head



Bagian-pada-head-gitar-listrik
Head gitar


Fungsi utama dari head gitar adalah sebagai pengikat string/senar gitar serta mengatur nada pada tiap string, Bagian-bagian gitar listrik yang terdapat pada head gitar antara lain:

Tuning Key


Fungsinya sebagai pengatur nada/ tuning, digunakan pada saat menyetel/menyetem gitar.

Baca: cara menyetem gitar

Tuning Pag


Tuning pag ini adalah bagian belakang dari tuning key yang terdiri dari dua buah gear yang meringankan tuning key saat di putar.

Truss Rod


Truss road ini terdapat pada bagian dalam neck gitar berupa besi baja panjang, yang berfungsi sebagai penguat neck gitar agar tidak melengkung.

String Tree


String tree ini semacam guide rail untuk string, agar string tetap terarah dan menggunakan string tree bisa membuat string menjadi lebih awet/tidak mudah putus.


Oke sob..sekian beberapa penjelasan dari bagian pada gitar listrik, semoga bermanfaat..Amin ^_^


"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.." Udah.. Udah..


EmoticonEmoticon