Monday, October 8, 2018

Cara Membuat Suara Gitar Tetap Nyaring Seperti Baru Lagi [Akustik/Bodong]

Mengapa gitar akustik saya suaranya tidak sekeras/senyaring waktu baru dibeli dari toko dulu?

Mari kita jawab pertanyaan di atas dengan beberapa tips di bawah ini yang memberikan solusi untuk mengeluarkan suara gitar akustik yang sudah tidak nyaring menjadi seperti baru lagi. Dan faktor-faktor apa saja yang membuat gitar akustik menjadi jelek suaranya.

Cara membuat suara gitar menjadi nyaring
Ilustrasi gitar

Pertama-tama, kenali kebiasaan sobat yang membuat kualitas suara pada gitar akustik menjadi menurun, simak pada poin-poin di bawah ini :

Penyebab gitar akustik menurun kualitas suaranya (tidak nyaring)


  1. Suhu lembab, Jika sobat ingin gitar akustik kesayangan sobat tetap berada dalam kondisi yang baik, jangan pernah sekali-kali menyimpan gitar akustik sobat di luar ruangan pada malam hari, karena suhu dinginnya malam sudah dapat dipastikan akan menimbulkan embun pada bagian bodi gitar hingga lama kelamaan suara gitar menjadi pelan alias tidak nyaring.
  2. Jamur, ini adalah dampak dari poin pertama yaitu jamur yang dihasilkan karena suhu yang lembab pada bagian dalam bodi gitar. Selain mengurangi suara dari gitar akustik, jamur (kayu) ini juga bisa membuat gitar keropos.
  3. Bodi gitar bocor, Sebelumnya kita klarifikasi dulu bagian bodi gitar mana yang bocor ini. Toh setiap gitar memang memiliki lubang pada bagian bodinya yang disebut Sound hole. Nah, maksudnya bodi gitar bocor di sini adalah sambungan bodi gitar yang lepas, retak, atau berlubang karena benturan pada bagian pinggiran bodi gitar. Tentu saja dengan lubang ini membuat suara gitar tidak sempurna resonansi/getarannya dan suara gitar cenderung pelan.
  4. Cat mengelupas, berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu bekerja di bengkel gitar dulu, suara gitar sebelum dan sesudah dilakukan pengecatan (finishing) hasilnya berbeda, yah.. mungkin karena sebelum dicat pori-pori kayu pada bagian bodi gitar belum tertutup sempurna, sehingga dapat disimpulkan bahwa cat yang mengelupas pada bagian bodi gitar bisa mengurangi kualitas suara pada gitar akustik.
Setelah kita simak beberapa penyebab yang membuat suara gitar menjadi tidak nyaring lagi, berikut adalah solusi yang bisa saya berikan agar suara gitar menjadi nyaring/keras seperti baru lagi.

Cara dan perawatan yang membuat suara gitar menjadi nyaring kembali


Menggunakan Minyak Kayu Putih

Memang sedikit terdengar aneh membuat suara gitar kembali nyaring dengan menggunakan kayu putih. Tunggu dulu.. ini adalah cara sederhana namun ampuh membuat suara gitar nyaring/keras seperti baru lagi.

Caranya, sobat tinggal menyemprotkan kayu putih (menggunakan spray/semprotan biasa) pada bagian dalam bodi gitar melalui sound hole/lubang suara gitar tadi. Untuk bagian luar bodi gitar, sobat bisa menggunakan kapas yang sudah ditetesi minyak kayu putih untuk mengelap bagian luar bodi gitar sobat, selain membuat suara gitar menjadi nyaring kembali, dengan menggunakan minyak kayu putih ini, cat gitar juga akan awet dan tetap 'kinclong' alias bening, silahkan dicoba.. ^_^

Menggunakan Dempul Plastik

Cara ini digunakan jika ada bagian bodi gitar yang bocor. Sobat tinggal menambal bagian gitar yang bocor menggunakan dempul plastik contohnya merk Sam Polac, baiknya sebelum didempul sobat lem dulu bagian yang bocor/pecah menggunakan power glue. Cara ini biasa dilakukan oleh tukang servis gitar sebelum gitar dicat kembali.

Menggunakan Gel Silikon

Buat sobat yang belum tau apa itu gel silikon (gel silica), biasanya gel silika terdapat pada dus sepatu, tas atau barang yang baru dibeli dari toko yang dikemas dalam dus. 

Gel silika ini dibungkus menyerupai permen tapi menggunakan kertas dan jika didalamnya terdapat butiran silikon.

Fungsi dari gel silika ini adalah menjaga agar jamur tidak bisa berkembang biak. Nah.. dengan memasukan gel silika pada bagian dalam bodi gitar, maka gitar akustik sobat akan bebas dari jamur kayu yang membuat suara gitar menjadi kurang nyaring dan tidak akan keropos.

Menjemur di bawah Terik Matahari

Sebenarnya setiap cara yang dilakukan agar suara gitar nyaring maksudnya adalah menjaga agar bagian dalam bodi gitar tetap kering, sehingga suara dari senar gitar bisa ber-resonansi dengan baik. 

Untuk mempercepat proses pengeringan bagian dalam bodi gitar, sobat bisa menjemur gitar di bawah panas terik matahari.

Tapi hati-hati.. jangan lupa sebelum menjemur gitar, sobat harus kendorkan dulu semua senar gitarnya.. 

Kenapa begitu ..??

Jika sobat menjemur gitar tanpa mengendorkan senar gitarnya terlebih dahulu, dikhawatirkan stang/neck gitar akan bengkok karena panas matahari dan tarikan dari senar gitar yang kencang. Sobat tidak mau dong gitar kesayangan sobat menjadi keras dipakainya karena neck gitar yang bengkok (jarak senar gitar dengan fretboard terlalu jauh).

Baca : Bagian-bagian pada gitar akustik

Menggunakan Abu Rokok

Menggunakan abu rokok juga bisa membuat suara gitar menjadi nyaring kembali, caranya sobat masukan ampas/abu rokok dalam jumlah yang lumayan banyak ke dalam bodi gitar, kemudian mengocokkan hingga dirasa sudah merata. Kemudian dibersihkan kembali. Cara ini memang sudah lumrah, namun terbukti efektif membuat suara gitar lebih nyaring.


Demikian tadi beberapa tips yang bisa saya berikan untuk membuat suara gitar yang sudah jelek menjadi nyaring/keras kembali.. Semoga bermanfaat.

"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.." Udah.. Udah..


EmoticonEmoticon