Tuesday, May 14, 2019

Pilih Gitar Akustik yang Bagus dengan Ciri Seperti ini [Pemula Wajib Tau]

Perhatikan bagian-bagian penting yang wajib diketahui sebelum membeli gitar akustik, dibawah ini adalah kriteria gitar akustik yang bagus dan cara memilih gitar akustik yang enak dimainkan dengan kualitas yang bagus  meskipun dengan harga yang murah.

Gitar akustik yang bagus tidak bisa dilihat berdasarkan penampilannya yang keren dan merknya yang terkenal saja. Karena gitar akustik yang bagus itu harus memiliki 3 kriteria sebagai berikut:

  1. Gitar akustik yang bagus itu harus enak dimainkan
  2. Memiliki suara yang nyaring
  3. Gitar yang bagus itu tuningnya harus pas


Bagaimana cara menentukan gitar akustik yang bagus dan memiliki 3 kriteria diatas?

Memilih gitar akustik yang bagus dan ideal

Cara-cara berikut ini bisa langsung dipraktekkan pada saat memilih gitar akustik sebelum membelinya di toko gitar dimana saja.

Cara test gitar akustik yang enak dimainkan


Pada saat pertama memegang gitar akustik jangan terlalu peduli dengan berat/ringannya gitar akustik tersebut. Kalau masalah bentuk dan penampilan sih itu terserah selera masing-masing. Untuk menentukan gitar akustik yang bagus dan enak dimainkan itu adalah dengan melihat bentuk neck gitar yang lurus, dengan bahan kayu yang keras. Karena jika bahan kayu pada neck gitar akustik menggunakan kayu yang biasa, maka bisa dipastikan bentuknya berubah (bengkok) seiring berjalannya waktu.

Biasanya gitar yang dipajang dan dijual di toko gitar sudah dalam kondisi disetem. Cobalah memainkan beberapa chord gitar apakah gitar tersebut terasa keras atau empuk. Jika terasa empuk, maka gitar akustik tersebut sudah masuk kriteria pertama. Jika berada dalam kondisi belum disetem, usahakan agar disetem terlebih dahulu.

Dengan kondisi gitar akustik yang sudah disetem, kita bisa tau apakah chord gitar yang dibentuk tidak fals, minimal beberapa baris fret gitar pertama guna pemakaian chord gitar harus nge-tune (tidak fals).

Jika sulit menemukan gitar yang empuk, caranya gampang sekali.. sobat tinggal cari gitar akustik yang memiliki fret gitar pertama berdekatan sekali dengan bantalan senar gitar (nut gitar). 


Dengan fret gitar sebagai bantalan dari  ke-6 senar gitar pada bagian neck gitar, maka jarak senar gitar lebih dekat dari fret gitar, tentu saja senar gitar akan terasa lebih empuk, berbeda dengan senar gitar yang bertumpu pada nut gitar biasanya terasa lebih keras, tuningnya pun terkadang lebih kacau.

Jangan lupa dicek juga nut gitar pada bagian bridge gitar apakah masih tinggi. Jika masih, bisa kita akali dengan memendekan nut gitar pada bridge agar jarak senar gitar lebih dekat dengan fret gitar sehingga gitar menjadi empuk dan enak dimainkan.


Gitar akustik yang bagus itu suaranya keras dan nyaring


Kembali pada selera masing-masing apakah lebih suka gitar akustik dengan suara yang nyaring atau yang pelan. Biasanya gitar akustik yang keras dimainkan untuk yang suka main gitar sambil nyanyiin lagu tanpa sound sistem. Yaa.. kayak nyanyi-nyanyi bareng temen nongkrong, atau lagi camping di alam liar, atau buat acara latihan nyanyi disekolahan, dll...

Tapi jangan salah, gitar akustik yang pelan juga akan lebih baik jika dibandingkan dengan gitar akustik yang keras jika  kita memakai spull gitar akustik dan menjadi gitar listrik akustik.

Sound yang dikeluarkan akan lebih clean jika kita menggunakan gitar akustik yang suaranya pelan setelah dipasangi spull gitar bantuan.

Maka semuanya tergantung kebutuhan sobat, apakah akan memilih gitar akustik yang suaranya keras (nyaring) atau memilih gitar akustik yang suaranya pelan.

Jika sobat ingin memilih  gitar akustik yang bagus dengan suara yang nyaring, carilah gitar akustik yang memiliki tinggi body gitar di atas 10 cm. Semakin tinggi body gitar, maka suara yang dikeluarkan akan semakin keras. 
Gitar akustik yang keras itu bagus
Ukuran ideal gitar akustik
Dengan ruangan dalam body gitar yang lebih luas resonansi akan lebih besar. Sehingga suara yang dihasilkanpun akan menjadi lebih keras dan nyaring.


Gitar akustik yang bagus itu harus nge-tune


Tadi sempat kita bahas sedikit bahwa gitar akustik yang bagus itu tidak fals pada setiap bagian fret gitarnya. Kalau buat yang sudah bisa dan ngerti fals atau nggaknya gitar sih gak bakalan jadi masalah, pasti gampang menentukan gitar akustik yang bagus dan ngetune. Nah.. buat yang belum bisa bermain gitar, ada baiknya minta bantuan temen atau saudara yang sudah faham pada saat pergi membeli gitar akustik.

Jangan lupa juga dicek semua fret gitar apakah sudah ngetune atau belum, contohnya untuk senar gitar no 1 dipetik tanpa menekan fret gitar apakah nadanya sama dengan nada pada saat menekan fret gitar ke 12. Ini penting untuk bermain gitar melodi, bisa saja ada satu atau beberapa fret gitar yang tidak nge-tune alias fals pada saat ditekan.

Fret gitar yang tidak ngetune nadanya ini karena kesalahan produksi pabrik gitar, jadi akan cukup sulit untuk diperbaiki. Jadi lebih baik mengecek satu persatu fret gitar akustik barangkali ada yang tidak ngetune.


Demikian yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga artikel tentang cara memilih gitar akustik yang bagus ini bisa bermanfaat buat sobat gitar mania... Wassalam..

"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.." Udah.. Udah..


EmoticonEmoticon