Wednesday, June 26, 2019

Ketahui ini Sebelum Belajar Gitar Ukulele - [Rumus dasar Ukulele Senar 4]

Belajar gitar ukulele tidak semudah yang dibayangkan, dengan diterbitkannya artikel sederhana dibawah ini diharapkan bisa membantu mengenal lebih dalam tentang gitar ukulele dan memahami perbedaannya dengan gitar biasa. Dari perbedaan inilah yang menjadi modal utama untuk bisa menguasai cara memainkan gitar ukulele senar 3, senar 4 dan senar 6.

Sebelumnya saya sendiri tidak menyangka ternyata bukan hanya dari ukurannya saja yang membedakan antara gitar kecil ukulele dengan gitar biasa. Saya pikir gampang, saya kan udah bisa main gitar biasa, jadi pasti bisa juga memainkan gitar ukulele seperti di video-video yang ada di Youtube atau anak-anak pengamen yang sudah lihai bermain ukulele.

Berhubung saya penasaran seperti apa sih gitar ukulele itu dan bagaimana sih cara memainkannya. Suatu hari iseng-iseng saya pinjam sebuah gitar ukulele dari anak tetangga yang sedang nongkrong bareng temen-temennya di depan tempat saya nongkrong. Lantas saya coba.. lho.. kok kayak gini..

Kalau sekedar memetik gitarnya sih suaranya gak jauh beda kayak gitar saya yang kebetulan memakai senar gitar Nilon. Tapi pas mau coba pasang chord Am.. kok fals.. hehe.. awalnya saya anggap kayak main gitar biasa aja, paling-paling kayak kita lagi main gitar biasa, senar 5 dan 6 dihilangkan (dianggap gak ada). Alhasil masih fals juga.. kemudian saya balik, mungkin yang dihilangkan adalah senar 1 dan 2. Dan si anak yang punya gitar hanya senyum-senyum saja. Piye iki..?? Pikir saya. "Coba Gus kamu mainin aja, biar saya lihat dulu..!" Pinta saya sama anak itu, namanya Agus.

Benar kata pepatah, "Jangan anggap remeh sesuatu". Dan si Agus pun menunjukan kepiawaianya bermain gitar ukulele. Saya pun hanya melongo, dan terheran-heran.. saya perhatikan kok chordnya aneh-aneh, ada yang hanya satu senar saja ditekan. Pokoknya beda baget sama gitar biasa yang sudah saya bangga-bangkakan selama ini.

Makin penasaran, lantas saya tanya si Agus.. "Gus, kamu bisa main gitar ukulele dari mana..?" dan Agus menjawab.. "Dari internet a.. " karena saya dan Agus orang sunda jadi "Aa" adalah panggilan yang diberikan  Agus kepada saya.

Pantesan.. ternyata selama ini si Agus ini rajin baca-baca di internet dan sesekali lihat video di Youtube tentang cara belajar gitar ukulele senar 4.

Belajar dari pengalaman di atas, saya mengambil sebuah Kesimpulan bahwa Memainkan gitar ukulele tidak sama seperti memainkan gitar biasa. Terutama pada bentuk kunci gitar dan cara menggenjrengnya.

Adapun yang harus dimengerti sebelum belajar gitar ukulele, baiknya mengetahui beberapa perbedaan yang ada antara gitar ukulele dan gitar biasa. Berikut adalah perbedaannya:

Perbedaan gitar ukulele dan gitar biasa


Kalau soal ukuran sudah jelas berbeda, gitar ukulele umumnya berukuran lebih kecil dari pada gitar biasa. Namun bukan perbedaan seperti demikian yang saya maksud, perbedaan dari setelan dan cara memainkannya agar paham penggunaan chord gitar dan melodinya pada gitar ukulele.

Baik, berikut 2 perbedaan yang saya maksud:

1. Susunan nada senar gitar


Setiap gitar biasa memiliki susunan nada senar gitar, atau dalam kata lain sering disebut Tuning. Seperti yang kita ketahui susunan nada senar gitar secara berurutan dari senar 1 sampai 6 adalah E-B-G-D-A-E.

Hal inilah yang sebelumnya tidak saya ketahui. Ternyata susunan nada senar gitar ukulele senar 4 adalah G-C-E-A.

Belajar membedakan ukulele dengan gitar biasa


2. Chord gitar ukulele senar 4


Karena tuningnya berbeda dengan gitar biasa, maka bentuk dari chord gitar ukulele juga berbeda. Berikut adalah beberapa chord dasar gitar ukulele untuk belajar bermain gitar ukulele tingkat pemula.

Chord Mayor, minor dan chord 7
21 chord dasar gitar Ukulele

Dengan memahami rumus belajar gitar ukulele diatas, saya rasa akan lebih mudah untuk bisa menguasai gitar ukulele. Cara yang paling mudah adalah dengan mencoba menyanyikan sebuah lagu sederhana yang sobat hafal dengan beberapa chord dasar diatas, mulailah dengan genjrengan ringan sambil melatih perpindahan chord gitar hingga benar-benar lancar.

Jika belum memiliki gitar ukulele sekalipun sobat bisa mencoba menggunakan gitar biasa dengan hanya memakai 4 senar gitar saja, kemudian setem ulang dengan tuning seperti yang sudah saya sampaikan tadi.

Demikian tadi yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu sobat sekalian dalam belajar gitar ukulele.. terima kasih kunjungannya dan Wassalam..


"Dengan Sharing, Ilmu akan menjadi lebih berharga dan memberi manfaat.."

This Is The Newest Post

1 comments so far

Informasi yang sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di https://www.joebillyguitars.com/
Salam sukses :)


EmoticonEmoticon